• Home »
  • Article »
  • Selain Seri Enduro, Motor Trial dari Gas Gas Juga Sudah Ada di Indonesia!

Selain Seri Enduro, Motor Trial dari Gas Gas Juga Sudah Ada di Indonesia!

Tahun 2018 ini Dr. No Off Road Industries (PT El Rhino Global) yang digawangi oleh Mr. Dechamps Arnaud terlihat cukup agresif. Mereka jualan sejumlah varian motor Yamaha YZ series (YZ85, YZ125, YZ250F, YZ250X, YZ250FX) sejak 2016, dan pada tahun 2018 ini akan menambah lineup dengan mendatangkan YZ65, YZ450F, dan YZ125X. Motor enduro 2-stroke dengan electric starter dari China, GPX Moto TSE250R, juga siap diboyong ke Indonesia di bulan Juni 2018. Nggak puas sampai di situ, Dr. No Off Road Industries yang pada tahun 2015 ke belakang menjadi distributor resmi motor Gas Gas, pada tahun 2018 ini juga sudah kembali berjualan motor asal Spanyol tersebut. Apa saja lineup produknya??

Dalam artikel-artikel Adventuriderz.com sebelumnya disebutkan bahwa motor enduro Gas Gas EnduroGP 300 sudah ready stock di Indonesia. Ini adalah motor enduro kasta tertinggi buatan Gas Gas. Di Indonesia Gas Gas EnduroGP 300 harganya kalau nggak salah tembus Rp 157-160 juta. Level persaingan Gas Gas EnduroGP 300 memang cukup setara dengan KTM 300 EXC TPI Six Days, Husky TE 300i, Sherco 300 SE-R, hingga Beta RR 300. Sama-sama motor enduro 2-stroke Eropa dengan harga fantastis. Cocok banget buat para expert di dunia off road atau enduro.

Selain Gas Gas EnduroGP 300, rupanya lapak Mr. Arnaud memiliki lineup motor lain buatan Gas Gas. Sejauh yang Adventuriderz.com tahu ada dua varian motor lain yang dijual oleh Mr. Arnaud yang keduanya bergenre trial. Kedua motor itu adalah Gas Gas TXT 300 Racing dan Gas Gas Contact 280 ES. Langkah Mr. Arnaud memasukkan motor trial Gas Gas ke Indonesia ini jelas sangat tepat. Kenapa? Karena produk andalan Gas Gas selain motor enduro ya motor trial. Bahkan Gas Gas dikenal sebagai salah satu produsen motor trial top dunia, bersaing dengan Honda Montesa, Sherco, dan Beta. Itu bisa dibuktikan ketika Gas Gas bangkit kembali setelah tutup operasi, yang diproduksi pertama adalah motor trial. Beruntung KTM dan Husky nggak mainan motor trial sampai detik ini juga, membuat Gas Gas dan kawan-kawannya sedikit bernapas lega.

Secara desain sebenarnya nggak terlalu banyak perbedaan antara Gas Gas TXT 300 Racing dan Gas Gas Contact 280 ES. Keduanya sama-sama menggunakan frame tubular yang terbuat dari bahan dasar chromoly. Tapi keduanya jelas mengusung kapasitas mesin yang berbeda. Gas Gas TXT 300 Racing memakai mesin 294,1 cc 2-stroke dengan pendingin cairan sedangkan Gas Gas Contact 280 ES pakai mesin 272,2 cc 2-stroke berpendingin cairan. Namun mereka sama-sama menggunakan sistem gearbox 6-percepatan dengan teknologi GG 4/6. Selain itu ada banyak perbedaan komponen antara Gas Gas TXT 300 Racing dengan Gas Gas Contact 280 ES. Sebagai motor kompetisi, tentu spesifikasi komponen Gas Gas TXT 300 Racing lebih mentereng. Misalnya aja suspensi depan pakai merek Tech dengan diameter 39 mm, kemudian suspensi belakang mono shock dengan merek Ohlins. Untuk ban, Gas Gas TXT 300 Racing pakai Michelin Trial. Di sisi lain Gas Gas Contact 280 ES mengandalkan suspensi depan-belakang buatan Olle dan ban Mitas Trial. Lanjut ke bobot, Gas Gas TXT 300 Racing lebih ringan dengan bobot hanya 67,5 kg, sedangkan Gas Gas Contact 280 ES bobotnya 69,5 kg.

Satu hal yang cukup menarik menurut Adventuriderz.com… Baik Gas Gas TXT 300 Racing maupun Gas Gas Contact 280 ES sama-sama dilengkapi dengan lampu utama, lampu sein, lampu belakang, hingga kaca spion. Nggak bisa dipungkiri motor tersebut sudah comply dengan standar regulasi Euro 4 dan kemungkinan di Eropa sana termasuk motor street legal. Bagaimana dengan di Indonesia? Kayaknya sih Gas Gas TXT 300 Racing dan Gas Gas Contact 280 ES tetap dijual dalam bentuk off the road tanpa surat-surat, jadi nggak bisa menjadi motor street legal. Toh kalau motor-motor ini mau dijual on the road (street legal) mesti dilakukan uji tipe yang prosesnya lumayan rumit. Sayangnya Adventuriderz.com belum mendapatkan info berapa harga dua motor trial dari Gas Gas ini. Nanti bakal di-update deh kalau infonya udah masuk.

Gas Gas TXT 300 Racing

Gas Gas Contact 280 ES

Advertisements