Ajak Puluhan Blogger ke IIMS 2018, Honda Kenalkan Dua Produk Baru

Hari Kamis (19/4/2018) Adventuriderz.com berangkat ke Jakarta atas undangan dari Astra Honda Motor (AHM). Dalam undangan resmi lewat email cuma disebutkan bakal ada gathering blogger dan vlogger pada hari Jumat (20/4/2018), sedangkan dalam undangan via telepon ada secercah informasi kalau blogger dan vlogger diajak ke Indonesia International Motor Show (IIMS) 2018. Tapi rasanya agak janggal kalau Honda mengundang puluhan blogger dan vlogger, bahkan jumlahnya sekitar 25 orang, hanya untuk gathering tanpa ada misi khusus. Dan hal itu memang terbukti saat berada di TKP, karena Honda memperkenalkan produk baru di hadapan puluhan blogger dan vlogger. Nggak cuma satu, tapi ada dua produk baru sekaligus yang diperkenalkan! Apa aja produknya?

Yang pertama, Honda memperkenalkan motor skutik PCX Hybrid yang secara teknologi memang lebih advance daripada PCX150 bermesin konvensional. Menurut Honda, pada dasarnya teknologi hybrid bisa digunakan untuk tiga hal utama, yaitu meningkatkan performa, meningkatkan efisiensi bahan bakar, atau agar lebih ramah terhadap lingkungan. Dalam hal ini PCX Hybrid lebih condong diciptakan untuk performance. Artinya, secara performa akselerasi mesin PCX Hybrid lebih unggul dibandingkan dengan PCX bermesin konvensional lantaran selain memiliki mesin konvensional 150 cc, PCX Hybrid juga punya motor elektrik lengkap dengan baterai lithium ion dengan power maksimal 1,4 kW/3.000 rpm dan torsi maksimal 4,3 Nm/3.000 rpm. Gimana dengan konsumsi bahan bakar? Apakah lebih irit? Seperti yang dibilang tadi, Honda memanfaatkan teknologi hybrid untuk sektor performa agar lebih nampol sehingga selisih efisiensi bahan bakar antara PCX Hybrid dan konvensional nggak banyak, di mana PCX Hybrid lebih hemat bahan bakar sekitar 3 persen. Pada intinya PCX Hybrid diciptakan buat konsumen yang menginginkan motor dengan akselerasi lebih gegas daripada PCX konvensional.

Beberapa hal menarik lain yang mungkin perlu temen-temen ketahui, PCX Hybrid rupanya sudah dilengkapi dengan riding mode macam CBR250RR. Motor ini diproduksi secara lokal melalui Plant 1 AHM yang berada di Sunter dengan kandungan lokal hingga 95 persen. Untuk varian warna baru ada satu pilihan yaitu warna Hybrid Blue. Berapa harganya? Belum ada harga yang benar-benar pasti sih bro. Tapi Honda memberikan ancer-ancer PCX Hybrid dijual dengan harga Rp 40 jutaan. Dengan harga yang cukup premium itu maka nggak salah kalau Honda nggak pasang target penjualan yang tinggi. Dalam setahun Honda cuma menargetkan produksi PCX Hybrid sebanyak 2.000 unit, dan motor ini hanya dijual melalui jaringan Honda Wing Dealer.

Produk kedua yang diperkenalkan Honda tentu saja adalah motor cruiser premium Gold Wing. IMHO Gold Wing ini motor yang sangat canggih dan berukuran jumbo. Kecanggihan pertama bisa dilihat di sektor mesin, di mana Gold Wing memakai mesin 1.833 cc enam silinder. Bayangin deh, enam silinder sekaligus! Kemudian mesin ini dilengkapi dengan Dual Clutch Transmission (DCT) 7-speed sehingga perpindahan gigi bisa dilakukan secara otomatis. Teknologinya mirip seperti yang terpasang di Africa Twin, X-ADV, NC750, atau NM4 Vultus. Jadi mesinnya kayak mesin konvensional, bukan CVT, tapi perpindahan gigi bisa dilakukan secara otomatis. Buat yang belum tahu tentang DCT bisa klik link ini. Asyiknya lagi si Gold Wing punya gigi mundur, bikin enak waktu parkir. Soalnya nggak kebayang gimana caranya markirin mundur motor seberat 380 kg tanpa gigi mundur.

Nah… Kecanggihan Gold Wing nggak berhenti sampai di situ… Pada motor ini juga disematkan suspensi depan double wishbone yang mirip seperti di mobil sedan, menggunakan dashboard berupa layar TFT yang sangat luas lengkap dengan sistem navigasi dan Apple Carplay yang sudah terintegrasi. Itu berarti temen-temen bisa menghubungkan gadget (iOS) ke Gold Wing. Masih kurang? Ada sistem audio dengan suara menawan, sistem throttle by wire, suspensi yang bisa diatur secara elektrik, riding mode, keyless, hill start assist, sistem pemonitor tekanan udara ban, hingga windscreen yang bisa diatur ketinggiannya secara elektrik. Soal ukuran jangan tanya deh, Gold Wing ini gede banget. Udah kayak sapi! Pastinya bakal nyaman banget touring jarak super jauh pakai motor ini. Malah yang dibonceng bisa tidur-tiduran segala kali yak?

Tapi tentu untuk mendapatkan motor ini perlu mahar yang nggak sedikit. Bahkan sangat mengerikan… Di Indonesia Gold Wing dibandrol dengan harga Rp 1.010.000.000 (1 miliar 10 juta) tanpa penjaganya. Bener kok temen-temen nggak salah… Harganya tembus Rp 1 M lebih!! Sekaligus menjadikan Gold Wing sebagai motor termahal yagn dijual resmi oleh AHM di Indonesia. Parahnya lagi Gold Wing udah laku sebanyak lima unit. Asli sugih-sugih memang wong Indonesia… Memang di IIMS 2018 juga mejeng motor sport RC213V-S alias motor versi jalan raya dari RC213V yang digeber Marc Marquez dan Dani Pedrosa di MotoGP yang konon kabarnya bisa tembus Rp 8 miliar. Namun motor ini nggak dijual sama AHM. Cuma mejeng dari pameran ke pameran. So, Gold Wing adalah motor termahal AHM. Ada yang tertarik beli Gold Wing? Mendingan langsung merapat ke dealer Honda Big Wing yang memang khusus menjual Honda Big Bike deh.

Oh ya, selain menghadiri perkenalan dua produk Honda tadi, Adventuriderz.com dan temen-temen blogger diajak ke dua stand Honda di IIMS 2018. Ada apa aja di sana? Dan ada motor-motor apa saja yang nongkrong di IIMS 2018? Kalau temen-temen penasaran mending terus pantengin blog ini ya! Soalnya lumayan banyak juga lho motor adventure, dual sport, enduro, hingga supermoto yang nampang di IIMS dari berbagai pabrikan. Ada Honda, Yamaha, Gas Gas, KTM, Royal Enfield, Kawasaki, BMW Motorrad, dan lain-lain. Tunggu update-nya yak!

Advertisements