• Home »
  • Article »
  • IIMS 2018: Di Segmen Big Bike Adventure, Honda Pajang Africa Twin & X-ADV

IIMS 2018: Di Segmen Big Bike Adventure, Honda Pajang Africa Twin & X-ADV

Di Indonesia International Motor Show (IIMS) 2018 yang digelar di Jakarta International Expo Kemayoran pada 19-29 April 2018, bisa dibilang Astra Honda Motor (AHM) memiliki booth yang cukup mewah di Hall D. Maklum, Hall D lebih dominan diisi oleh sederet merek-merek mobil, baik itu yang berasal dari Jepang, Korea, China, Amerika Serikat, hingga Eropa. Cuma segelintir brand motor yang memiliki booth di Hall D, dan salah satunya adalah Honda. Kebetulan booth motor Honda yang dimiliki oleh AHM berdampingan dengan booth mobil Honda dari Honda Prospect Motor (HPM). Mewah dan berkelas? Itu sih pasti!! Apalagi yang dipajang oleh AHM di Hall D kebanyakan memang motor-motor mahal yang masuk ke jajaran Honda Big Bike!

Ada beragam produk premium dan big bike yang dipamerkan oleh AHM di Hall D. Penataannya juga cukup menarik karena disesuaikan dengan lima gaya hidup pengendara. Misalnya aja di area Luxury Cruiser ada sosok Gold Wing yang memberikan kesan sangat mewah dengan mesin 1.833 cc enam silinder dan bandrol harganya tembus Rp 1 miliar 10 juta! Lalu di area Total Control ada deretan RC213V-S, CBR1000RR, dan motor produksi lokal di Indonesia CBR250RR. Lanjut ke area Urban ada CMX500 Rebel dan di area Premium Commuter ada PCX Hybrid yang baru saja diluncurkan. Baru ada Luxury Cruiser, Total Control, Urban, dan Premium Commuter, kurang satu lagi apa nih mas?

Ini yang menurut Adventuriderz.com paling menarik, yaitu area Adventure. AHM benar-benar memanjakan para penggemar petualang di IIMS 2018. Total ada empat unit motor petualang yang dipajang oleh AHM di sini. Untuk motor dengan kapasitas mesin yang kecil ada CRF150L dan CRF250RALLY yang sudah kita bahas di artikel sebelumnya. Lalu untuk motor petualang dengan kapasitas mesin besar, AHM menampilkan CRF1000L Africa Twin yang sudah diluncurkan oleh AHM sejak Februari 2017 bersamaan dengan CRF250RALLY, serta ada juga scooter petualang X-ADV di sana. Asli mantaaaap!

Africa Twin memang bukanlah motor baru di jajaran produk AHM. Motor itu sudah meluncur sejak lebih dari setahun yang lalu. Tapi tentu AHM tetap ingin menampilkan motor ini karena dianggap sebagai flagship di segmen motor adventure. Buat penggemar adventure, apalagi yang demen keliling dunia melewati highway, jalan perkotaan, area pedesaan, hingga medan off road, Africa Twin menjadi pilihan yang sangat menarik. Motor dengan mesin 998 cc dua silinder sejajar ini terbukti sebagai motor adventure yang sangat tangguh. Lebih menarik lagi karena Africa Twin dilengkapi dengan Dual Clutch Transmission (DCT) 6-speed yang memungkinkan perpindahan gigi secara otomatis. Buat rider yang pengen mendapatkan sensasi berkendara lebih agresif, Africa Twin juga menyediakan mode berkendara secara manual kok, meskipun tanpa kopling. Cukup dengan menekan tombol shifter plus dan minus yang ada di handlebar sebelah kiri untuk menambah atau mengurangi gigi.

Scooter X-ADV juga nggak kalah menarik untuk disimak. Kenapa? Karena ini adalah scooter dengan DNA adventure. Desainer X-ADV itu sama dengan desainer Africa Twin, sama-sama dikembangkan oleh pusat R&D Honda Eropa yang berada di Italia. Makanya jangan heran kalau ada lekuk-lekuk desain yang mirip di antara keduanya. Di sektor mesin, X-ADV menggunakan mesin yang sama dengan NM4 Vultus yang pernah dijual oleh AHM di Indonesia. Mesinnya berkapasitas 745 cc dua silinder yang juga pakai teknologi Dual Clutch Transmission (DCT) 6-speed kayak Africa Twin. Pastinya perpindahan gigi bisa dilakukan secara otomatis dan manual, tergantung dari mode yang dipilih oleh rider. Sayangnya X-ADV ini belum resmi dijual oleh AHM di Indonesia. AHM baru sebatas memajang dan mungkin sekaligus tes pasar. Tapi biasanya motor yang dipajang sama AHM di sebuah pameran pada akhirnya akan dijual juga kok di Indonesia. Tinggal nunggu momen yang tepat aja buat launching!

Advertisements