• Home »
  • Article »
  • Motor Trail China “Hengjian” Kloningan Husky Bakal Masuk ke Indonesia

Motor Trail China “Hengjian” Kloningan Husky Bakal Masuk ke Indonesia

Belakangan cukup ramai dibicarakan ada motor enduro 2-stroke yang diproduksi di China, yaitu GPX Moto TSE250R. Menariknya, GPX Moto TSE250R punya dua teman yang mengusung mesin 4-stroke, namanya adalah GPX Moto FSE250R yang mengusung mesin berpendingin cairan dan GPX Moto FSE250E yang merupakan seri terendah dengan mesin sederhana berpendingin udara. Dari segi penampilan, baik itu TSE250R, FSE250R, maupun FSE250E memiliki desain yang sangat menarik, persisnya ala motor enduro Husqvarna. Coba perhatikan foto di atas, frame GPX Moto bergaya central backbone dan terbuat dari bahan chromoly, persis seperti punya Husky. Bodywork-nya pun tergolong mirip. Yang kelihatan sangat beda terletak di bagian headlight, di mana GPX Moto menggunakan headlight ala Yamaha WR250F. Kalau tidak keliru, GPX Moto merupakan merek yang diusung oleh Piterspro, sebuah distributor asal Amerika Serikat. Konon kabarnya lineup produk GPX Moto akan segera masuk ke Indonesia lewat Dr. No Off Road Industries (PT El Rhino Global) yang juga sebagai distributor resmi Yamaha YZ series dan Gas Gas di Indonesia.

Satu hal yang cukup menarik untuk disimak, baru-baru ini Om Dechamps Arnaud yang notabene punggawa Dr. No Off Road Industries saat kunjungan ke China mengupload foto-foto motor yang sangat mirip dengan Husky. Bahkan desain headlight-nya hingga skema warna yang dipilih pun sama persis. Namun di bagian bar pad terdapat tulisan “GPX” dan di bagian body mengusung nama Hengjian. Menurut asumsi pribadi, bukan mustahil produk GPX Moto diproduksi oleh Hengjian Motorcycles, kemudian oleh Piterspro (Amerika Serikat) di-rebranding menjadi GPX Moto. Harus diakui antara penampilan produk Hengjian/GPX Moto dengan Husky kemiripannya mencapai lebih dari 90 persen. Tapi tentu spesifikasi dan komponen yang dipakai amat sangat berbeda.

Baca juga:

Terus gimana dengan di Indonesia? Apakah akan mengusung nama GPX Moto atau menggunakan nama Hengjian? Apakah yang masuk versi headlight Yamaha atau ala headlight Husky? Semuanya masih belum jelas. Namun yang pasti ntah itu GPX Moto atau Hengjian bakal masuk ke pasar Indonesia untuk meramaikan market motor off road di sini. Terbuka pula kemungkinan Dr. No Off Road Industries mengusung nama sendiri. Satu produk yang positif masuk adalah versi 2-stroke TSE250R. Malah sudah ada ancer-ancer motor ini datang sekitar bulan Agustus 2018 dan dibandrol dengan harga kurang dari Rp 70 juta. Kemungkinan varian 4-stroke juga masuk dengan harga yang lebih murah, kurang lebih Rp 50-60 jutaan.

Advertisements