Bertemu BMW Urban G/S di IIMS 2018, Asli Keren Abis Motor Ini!!

Selain mampir di booth Honda, Husqvarna, Benelli, Kawasaki, Royal Enfield, dan Dr. No Off Road Industries, saat berada di Indonesia International Motor Show (IIMS) 2018 beberapa waktu yang lalu Adventuriderz.com juga menyempatkan diri menengok booth milik BMW Motorrad. Tahu kan BMW Motorrad? Yups nggak salah lagi ini adalah brand motor kenamaan asal Jerman yang sangat dikenal melalui varian motor adventure GS series. Sebagai brand motor papan atas dan menargetkan kalangan atas, BMW Motorrad mengambil booth di Hall D bersama dengan booth mobil-mobil mewah.

Booth BMW Motorrad di IIMS 2018 memang nggak terlalu gede, dan lineup produk yang dipamerkan juga nggak begitu banyak. Nggak semua produk yang dimiliki oleh BMW Motorrad Indonesia dipajang di IIMS 2018. Menurut pandangan mata Adventuriderz.com, di booth BMW Motorrad ada motor sport BMW HP4 yang konon katanya memiliki bandrol harga Rp 2,1 miliar, lalu ada motor touring BMW R 1200 RT, dan duo motor mungil BMW G 310 R dan BMW G 310 GS yang harganya masih di angka Rp 115-130 jutaan alias paling murah dibandingkan dengan lineup motor BMW Motorrad lainnya. Tapi satu motor BMW Motorrad yang membuat Adventuriderz.com terkesima di IIMS 2018 adalah BMW R NineT Urban G/S!!

Baca juga:

Urban G/S sebenarnya masuk ke dalam keluarga R NineT yang mengusung genre retro modern, namun tetap dengan mesin boxer 1.200 cc dua silinder berpendingin udara. Bahkan bisa dibilang Urban G/S dibangun dari basis R Nine. Tentu saja Urban G/S memiliki banyak perbedaan dibandingkan dengan R NineT standar, terutama di sektor desain. Nggak salah lagi, Urban G/S mengusung konsep sebagai motor petualang dengan gaya retro. Inspirasi pembuatan Urban G/S berasal dari BMW R 80 G/S di masa lampu yang pernah memenangkan Rally Dakar.

Temen-temen bisa saksikan di foto paling atas atau foto di bawah, Urban G/S mengadopsi tangki bahan bakar yang menggembung besar, jok tipis dan sempit, suspensi depan teleskopik, front fender tinggi khas motor off road, lampu membulat, knalpot tinggi, dan yang paling penting Urban G/S memakai ban dengan profil kasar untuk menegaskan kesan off road. Dilihat dari depan sampai belakang, IMHO Urban G/S adalah masterpiece! Cantik, keren, kekar, gagah, ada kesan jadul, dan ada kesan modern yang semuanya dituangkan menjadi satu ke dalam produk ini.

Walaupun memiliki aura off road yang sangat kental, tapi tentu saja sulit membawa Urban G/S ke medan off road yang ekstrim. Hanya rider dengan skill off road luar biasa dan punya tenaga besar yang mampu. Pasalnya motor ini punya bobot yang lumayan, mencapai 221 kg. Mau bagaimanapun untuk rider normal Urban G/S lebih cocok dipakai di jalan raya. Kalaupun mau melipir keluar dari jalan raya, paling mentok melewati jalan non-aspal alias gravel hingga light off road. Atau dipakai di gurun pasir kayaknya juga asyik nih! Di Indonesia sih umumnya motor kayak gini bakal lebih banyak buat mejeng di mall atau cafe deh. Hehehe…

Terus motor kayak gini berapa harganya? Jujur Adventuriderz.com belum mendapatkan info mengenai harga Urban G/S. Kayaknya BMW Motorrad Indonesia juga baru pertama kali menampilkan Urban G/S deh. Kemungkinan harga Urban G/S berada di sekitar harga R NineT. Pastinya sih sedikit lebih mahal. Adventuriderz.com memperkirakan Urban G/S dijual pada angka lebih dari Rp 600 jeti namun masih di bawah Rp 1 miliar. Mahal? Ya wajar, mereknya aja udah mahal kok. Belum lagi motor ini impor utuh (CBU) dari Jerman dan kena PPN BM 125 persen. Ini sih konsumennya om-om berduit unlimited.

Advertisements