Diam-Diam Ternyata AHM Telah Ekspor Honda CRF150L ke Luar Negeri



Astra Honda Motor (AHM) meluncurkan motor dual sport Honda CRF150L kurang lebih sekitar enam bulan yang lalu. Saat itu Presiden Direktur AHM Toshiyuki Inuma bilang kalau CRF150L merupakan produk lokal yang hanya akan dijual di dalam negeri, meskipun Inuma juga nggak memungkiri AHM bisa saja melakukan ekspor jika ada negara lain yang menginginkan. Nah, berdasarkan rilis resmi yang Adventuriderz.com terima dari AHM belum lama ini, disebutkan bahwa ekspor motor Honda buatan AHM pada kuartal pertama 2018 mengalami kenaikan yang cukup signifikan, mencapai 22,7 persen. Menariknya, CRF150L menjadi salah satu produk penyumbang ekspor di kuartal pertama 2018. Itu berarti CRF150L bukan cuma menjadi konsumsi orang Indonesia, tetapi juga sudah bisa dinikmati oleh para rider yang berada di luar negeri!

Dari data yang diberikan oleh AHM, sepanjang tiga bulan pertama 2018 CRF150L diekspor sebanyak 520 unit. Angkanya memang belum banyak, tapi tergolong lumayan daripada nggak sama sekali. Mungkin ini baru tahap awal ya. Apalagi CRF150L masih laris manis di dalam negeri dan terus membayangi penjualan Kawasaki KLX150. Sayangnya AHM nggak menyebutkan secara spesifik negara mana yang menjadi tujuan ekspor CRF150L. Tidak disebutkan pula bagaimana mekanisme ekspor motor tersebut, apakah ekspor secara utuh (CBU) atau ekspor terurai (CKD).

Selain CRF150L, motor-motor lain yang diekspor oleh AHM ke luar negeri antara lain Vario, BeAT eSP, CB150 Verza, CB150R StreetFire, Revo, Blade, Supra, Sonic 150R, Supra GTR150, CBR150R, dan CBR250RR. Negara tujuan ekspornya masih didominasi oleh negara-negara di Asia seperti Jepang, Filipina, Bangladesh, Thailand, Malaysia, Vietnam, dan Kamboja. Sepanjang kuartal pertama 2018 ini total motor yang diekspor oleh AHM oleh AHM secara CBU sebanyak 129.852 unit, sedangkan total motor yang diekspor secara CKD sebanyak 43.020 unit. Imbasnya AHM berkontribusi sebanyak 26 persen dari total motor produksi Indonesia yang diekspor ke luar negeri.



“Kami senantiasa berupaya menghasilkan produksi sepeda motor dalam negeri dengan kualitas yang berstandar global. Kami berkomitmen meningkatkan jumlah ekspor sekaligus memperluas negara tujuan ekspor. Kami optimis hingga akhir tahun nanti ekspor unit maupun komponen kami akan meningkat,” ungkap General Manager Overseas Business Division AHM Kurniawati Slamet.

Well… Diekspornya CRF150L ke luar negeri ini membuat klan motor trail 150 cc Honda di pasar global semakin komplit. Untuk varian motor off road ada CRF150F, lalu di segmen motor balap motocross ada CRF150R, sedangkan di market motor dual sport ada XR150L yang diproduksi di sejumlah negara dan CRF150L yang diproduksi di Indonesia dengan desain paling ganteng, paling kekinian, hi-tech, memiliki fitur yang oke, dan harga cukup bersahabat. Kita cukup beruntung AHM yang menjadi basis produksi CRF150L di dunia.

Advertisements