Empat Cara Mudah Merawat Rantai Motor Trail Agar Awet dan Kinclong



Di motor trail, khususnya motor trail yang dipakai buat off road, salah satu komponen yang paling bekerja keras adalah rantai dan gear. Pasalnya dua komponen ini menjadi  penghubung antara mesin dan roda belakang. Oleh karena itu baik rantai maupun gear butuh perawatan yang memadai agar rantai dan gear tetap awet, serta tentunya jangan sampai rantai dan gear jebol saat bermain off road. Kali ini Adventuriderz.com akan memberikan tips & trick mengenai cara perawatan rantai dan gear motor trail agar lebih awet dan selalu siap digunakan untuk off road. Apa saja tipsnya?

1. Selalu Periksa Tingkat Ketegangan Rantai

Buat temen-temen yang punya motor trail, wajib hukumnya rutin memeriksa ketegangan rantai. Kalau rantai kendor yang dikencengin. Itu bisa dilakukan sendiri atau di bengkel. Nggak butuh waktu lama kok, paling lima menit juga kelar. Oh ya, rantai motor trail sebaiknya jangan terlalu kendor, tapi juga jangan terlalu kencang. Mengenai tingkat kekencangannya seberapa, mungkin tiap-tiap motor berbeda. Temen-temen bisa membaca manual book motor atau biasanya aturan tingkat kekencangan ada di sebuah sticker yang tertempel di swing arm motor sebelah kiri, persis di area rantai. Ikuti saja anjuran pabrikan yang ada di sana.

2. Langsung Bersihkan Rantai Setelah Off Road

Sudah lazim setelah off road debu, kotoran, hingga lumpur menempel sempurna di sejumlah bagian motor, nggak terkecuali rantai dan gear. Kalau temen-temen selesai off road, alangkah baiknya langsung mencuci motor. Kemudian saat mencuci, rantai dan gear ini menjadi area yang perlu mendapatkan perhatian cukup detail. Kalau temen-temen ogah-ogahan membersihkan rantai dan gear setelah off road atau kurang rajin saat membersihkan, jangan heran kalau dua komponen itu gampang banget berkarat. Step-step membersihkan rantai dan gear menurut Adventuriderz.com antara lain:

  • Buka pelindung rantai dan pelindung gear depan untuk memudahkan pembersihan.
  • Semprot rantai dan gear menggunakan air kemudian disikat menggunakan sikat pakaian sampai bersih.
  • Jika masih ada noda atau kotoran seperti oli yang membandel, bisa dibersihkan menggunakan sikat gigi yang sudah dicelupkan ke dalam bensin atau minyak tanah.
  • Bilas menggunakan air bersih.
  • Pasang kembali pelindung rantai dan gear.



3. Lumasi Rantai dan Gear dengan Pelumas Khusus

Langkah ketiga yang perlu dilakukan agar rantai dan gear motor trail tetap awet adalah dengan melumasinya menggunakan cairan atau pelumas khusus (chain lube). Di pasaran banyak banget kok pelumas rantai dan gear, mulai dari yang harganya murah sampai dengan yang mahal, bahkan di mini market sekalipun jualan kok pelumas khusus rantai motor. Yang paling gampang ditemui sebut saja merek Kit Chain Lube, LJI Chain Lube, dan Megacools Chain Lube. Adventuriderz.com biasa menggunakan ketiga merek itu karena selain harganya murah juga gampang banget didapatkan. Merek-merek tadi bisa didapatkan dengan harga Rp 20.000 sampai Rp 30.000 per botol. Untuk chain lube lain ada merek Yamalube, Motorex, Ipone, dan lain-lain. Bebas lah mau pakai apa saja, yang penting jangan pakai oli mesin, apalagi oli bekas.

4. Pelumasan Rantai Harus Dilakukan Secara Rutin

Seperti yang Adventuriderz.com katakan sebelumnya, rantai dan gear adalah dua komponen yang bekerja cukup keras ketika motor dipakai buat off road. Jadi sebaiknya pelumasan rantai dan gear harus dilakukan secara rutin. Kenapa? Karena biasanya walaupun nggak kotor – misal off road di musim kemarau – rantai akan kering setelah dipakai off road. Rantai yang dibiarkan kering membuat gesekan dengan gear semakin besar dan tentunya bikin rantai lebih cepat molor. Imbasnya rantai terasa gampang kendor dan yang paling parah sangat mungkin putus. Adventuriderz.com menyarankan pelumasan rantai dan gear dilakukan setelah motor dibersihkan pasca off road atau bisa juga disemprotkan sebelum motor dipakai off road. Adventuriderz.com sendiri memilih menyemprotkan chain lube setelah motor dan rantai dibersihkan karena di dalam chain lube umumnya terdapat kandungan zat anti karat, sehingga sebelum motor disimpan nggak ada salahnya disemprot dulu biar nggak karatan. Nanti waktu mau off road lagi ya tinggal gas aja. Mau disemprot lagi pakai chain lube juga boleh…

Gimana, gampang banget kan? Dengan empat tips di atas rantai dan gear motor trail temen-temen jadi kinclong, bebas karat, awet, sedap dipandang, dan selalu siap dipakai buat off road lagi. Dijamin kalau rantai dan gear bersih kinclong bakalan jauh lebih awet dibandingkan dengan rantai dan gear yang karatan minim perawatan. Satu hal lagi, sebaiknya ganti rantai dan gear kalau memang sudah nggak layak pakai. Misalnya rantai sudah terlalu molor ya perlu diganti. Gear udah kayak gigi kucing ya segera dibuang dan dipasang yang baru. Off road itu berat, jadi memang butuh komponen-komponen motor yang sehat biar off road menjadi lebih menyenangkan, bukannya buka bengkel dadakan di tengah hutan.

Advertisements