• Home »
  • Article »
  • Gileee… Harga Satu Unit Husky 701 Rally Setara 11 Unit Honda CRF150L!

Gileee… Harga Satu Unit Husky 701 Rally Setara 11 Unit Honda CRF150L!

Di Indonesia International Motor Show (IIMS) 2018 yang berlangsung di Jakarta International Expo Kemayoran pada 19-29 April 2018 yang lalu secara mengejutkan Husqvarna Indonesia memamerkan motor Husqvarna 701 Rally bersama dengan Husqvarna 701 Enduro dan Husqvarna 701 Supermoto. Kenapa kok Adventuriderz.com bilang mengejutkan? Ya karena secara official Husqvarna Motorcycles yang berpusat di Mattighofen (Austria) sana nggak memproduksi 701 Rally. Mereka hanya memproduksi 701 Enduro dan 701 Supermoto.

Terus kok bisa ada 701 Rally? Tentu hal itu sangat mungkin terjadi karena di luar sana ada beberapa pabrikan part aftermarket yang memproduksi rally kit untuk motor 701 Enduro. Jadi pada intinya 701 Rally yang dipajang oleh Husqvarna Indonesia itu merupakan 701 Enduro yang dipasangi rally kit. Memang nggak ada konfirmasi resmi rally kit buatan mana yang dipasang pada 701 Rally di IIMS 2018 kemarin. Tapi kemungkinan besar itu menggunakan rally kit buatan Omegafibre asal Amerika Serikat yang terkenal memiliki garapan ciamik. Itu bisa dilihat dari sejumlah bagian 701 Rally di IIMS 2018 ada sticker “Omega”. Rally kit buatan Omegafiber terdiri dari headlight, tower rally, windscreen, fairing, dua buah tangki bahan bakar yang masing-masing ada di kanan dan kiri, fuel pump, dan berbagai macam bracket serta hardware pendukung lainnya. Buat temen-temen yang pengen tahu lebih detail mengenai rally kit dari Omegafibre bisa baca artikel “Husqvarna 701 Tampil Ciamik dengan Rally Kit dari Omegafibre“.

Baca juga:

Yups, dengan menggunakan rally kit itu 701 Enduro menjadi sangat identik dengan motor balap FR 450 RALLY yang dipakai oleh pembalap Rockstar Energy Husqvarna Factory Racing, Pablo Quintanilla dan Andrew Short, di ajang balap Rally Dakar maupun ajang balap rally lainnya. IMHO penampilan motor jadi amat sangat ganteng, keren, dan siap diajak berpetualang jarak jauh. Apalagi dengan rally kit ini kapasitas tangki bahan bakar meningkat menjadi 14 liter. Jelas motor jadi jauh lebih leluasa buat long trip. Tapi sayangnya, rally kit dari Omegafibre bukanlah barang murah. Di Amerika Serikat sana rally kit untuk 701 dijual dengan harga US$ 6.000 atau setara dengan Rp 83 jutaan. Itu belum termasuk ongkos kirim, pajak, dan biaya-biaya lain yang mungkin diperlukan untuk memboyong rally kit ke Indonesia. Mungkin bisa keluar duit Rp 100 juta atau malah lebih ya… Satu hal yang sekarang menjadi ganjalan pertanyaan, terus berapa bandrol harga 701 Rally di Indonesia???

Pada varian standar 701 Enduro dan 701 Supermoto di Indonesia dijual dengan harga Rp 210 juta off the road. Namun khusus untuk 701 Rally yang sudah dipasangi rally kit dari Omegafibre, Husqvarna Indonesia menjualnya dengan harga Rp 350 juta atau setara dengan 11 unit Honda CRF150L, 10 unit Kawasaki KLX150 BF SE Extreme, atau setara juga dengan lima unit Honda CRF250RALLY. Itupun masih harga off the road tanpa surat-surat. Kalau dengan surat-surat (harga on the road) pasti jauh lebih mahal lagi. Sayangnya Husqvarna Indonesia belum mengajukan uji tipe 701 series, sehingga baik 701 Enduro, 701 Supermoto, hingga 701 Rally cuma bisa dibeli tanpa surat-surat. So, motor ini nggak legal dipakai di jalan raya. Semoga Husqvarna Indonesia cepat mengajukan uji tipe ya, biar deretan motor 701 series bisa dibeli on the road, karena pada dasarnya mereka diciptakan sebagai motor street legal.

Advertisements