Yamaha Tes Motor Adventure Tenere 700 World Raid Keliling Dunia

Temen-temen sekalian… Yamaha telah memutuskan menghentikan produksi motor adventure ringan mereka, yaitu XT660Z Tenere. Namun penggemar motor adventure Yamaha nggak perlu panik karena pabrikan asal Iwata sedang mempersiapkan motor adventure baru sebagai pengganti XT660Z Tenere. Bahkan wujud konsep motor adventure baru ini sudah nongol di EICMA 2016. Waktu itu namanya T7 Concept. Setahun kemudian di EICMA 2017 Yamaha memamerkan desain baru motor adventure yang bisa dibilang sudah dalam bentuk prototipe. Namanya adalah Tenere 700 World Raid.

Berbeda dengan pendahulunya XT660Z Tenere yang menggunakan mesin satu silinder, Tenere 700 World Raid mengandalkan mesin dua silinder berkapasitas 689 cc yang diambil dari basis mesin milik MT-07. Nggak bisa dipungkiri, Tenere 700 World Raid memiliki desain yang sangat tajam, serba runcing, ramping, dan punya aura off road yang sangat kental. Apalagi motor ini pakai ban ring 18-21 inch, lebih mirip seperti motor buat balap Rally Dakar. Ini mengindikasikan Yamaha bertekat membuat mtoor yang serba bisa untuk dipakai di segala kondisi medan. Mau on road maupun off road berat sekalipun nggak masalah. Hajaaar bossskuuh!

Berdasarkan rilis dari Yamaha Motor Europe yang masuk ke newsroom Adventuriderz.com, disebutkan bahwa prototipe Tenere 700 World Raid akan dites oleh Yamaha keliling dunia melewati berbagai macam kondisi medan. Rider yang melakukan pengetesan pun nggak main-main. Kebanyakan adalah brand ambassador Yamaha yang sudah lama berkecimpung di dunia balap dirt bike. Pada etape pertama misalnya, Tenere 700 World Raid bakal digeber oleh rider Yamalube Yamaha Official Rally Team Rodney Faggotter di Australia, tempat yang memiliki kondisi cuaca sangat ekstrem, penuh dengan alam liar yang unik, dan track-nya sangat berbahaya di setiap tikungan.

Kemudian di etape kedua Tenere 700 World Raid akan dibawa ke gurun pasir di Maroko yang lazim dipakai untuk ajang balap Merzouga Rally, sekaligus menjadi bagian sejarah Rally Dakar di masa lampau yang menempuh perjalanan dari Paris menuju Dakar. Legenda hidup balap rally Stephane Peterhansel menjadi jok di etape kedua ini. Selanjutnya di etape ketiga menjadi jatah bagi rider Yamalube Yamaha Official Rally Team Adrien Van Beveren. Salah satu rider andalan Yamaha di ajang balap rally ini memang masih menjalani pemulihan dari cidera pasca crash di Rally Dakar. Namun dia dipastikan sudah bisa menggeber Tenere 700 World Raid di Argentina pada etape ketiga.

Eropa menjadi etape keempat dan paling panjang dalam perjalanan Tenere 700 World Raid. Sejumlah negara dan nama-nama beken akan ikut ambil bagian dalam etape ini. Sebut saja seorang petualang motor Nick Sanders, pembalap enduro David Fretigne, pendiri Touratech Herbert Schwarz, hingga pembalap EnduroGP Cristobal Guerrero. Selain itu, Alessandro Botturi yang selama ini berkompetisi menggunakan motor Yamaha di ajang balap enduro dan rally, baik di tim factory maupun tim independen, juga akan mengisi slot rider ketika Tenere 700 World Raid menjelajahi Italia.

Hmmm… Sepertinya event Tenere 700 World Raid 2018 dari Yamaha ini sangat menarik ya. Sayangnya Tenere 700 World Raid nggak mampir ke Indonesia. Padahal ada selentingan kabar yang menyebut mesin atau malah keseluruhan motor secara utuh dari Tenere 700 World Raid nanti bakal diproduksi di Indonesia, meskipun motor ini belum tentu dijual di Tanah Air. Kalau seandainya Tenere 700 World Raid dijual di Indonesia gimana bro, ada yang tertarik beli? Monggo deh simak dulu video Tenere 700 World Raid 2018 di bawah ya!

Advertisements