Video Viar Cross X 250 SF dengan Frame Full Aluminium… Gahar Om!

Nggak bisa dipungkiri sekarang ini Viar Motor Indonesia sedang melakukan proses riset dan pengembangan motor trail 250 cc dengan frame full aluminium. Jadi mulai dari main frame, sub-frame, sampai dengan swing arm semuanya terbuat dari bahan aluminium. Tujuannya apa? Tentu agar motor menjadi lebih rigid dan bobotnya semakin ringan. Apalagi ini motor trail yang notabene lebih banyak dipakai di medan off road. Bobot yang ringan itu merupakan tuntutan yang sangat alami agar saat riding nggak cepat lelah.

Nah… Kebetulan belum lama ini akun Instagram @artomorozone mengunggah video berdurasi pendek mengenai motor trail Viar dengan frame aluminium yang kemungkinan besar bakal diberi nama Viar Cross X 250 SF (special frame). Dari video itu paling nggak kita bisa mengamati dengan cukup detail Cross X 250 SF. Kebetulan lagi dalam video tersebut Cross X 250 bisa dibilang telanjang tanpa baju, bahkan brondolan. Temen-temen bisa cek, frame dengan warna khas aluminium terpasang dengan rapi pada Cross X 250 SF. Frame itu kemudian dibalut dengan frame guard agar bebas dari goresan sepatu booth. Suspensi depan pakai model upside down bermerek Fastace, sedangkan suspensi belakang mono shock dengan link. Nggak tahu deh apa merek suspensi belakangnya. Apakah Fastace atau Mojo Racing. Namun untuk jok, di sana tertulis dengan jelas “Mojo Racing”.

Untuk bagian lainnya, Cross X 250 SF mengandalkan triple clamps CNC, tromol CNC, dan karburator PWK 34. Karburator dengan venturi gede tentu untuk mendongkrak performa si motor trail baru tersebut. Gimana dengan mesin? Kabarnya nggak beda dengan Cross X 250 ES dan Cross X 250 EC bro. Cross X 250 SF masih pakai mesin NC250 yang merupakan mesin SOHC berpendingin cairan dengan tenaga sekitar 24 HP. Sepertinya Viar memang sengaja nggak utak-atik alias ganti mesin. Soalnya mesin NC250 terbukti tangguh dan bertenaga, serta sering menang di berbagai balap garuk tanah nasional.

Oh ya… Sebelumnya juga udah pernah nongol foto prototipe Cross X 250 SF (saat itu disebut New Cross X 250 SE), baik itu yang berada di area pabrik Viar maupun yang dipakai latihan dan balap oleh salah satu pembalap Viar Racing Team, Rivaldi Julian. Tapi penampakan video Cross X 250 EC terbaru ini ada sedikit perbedaan bro. Kalau di prototipe yang dulu Cross X 250 EC pakai double muffler, kali ini Cross X 250 SF tampil normal dengan satu muffler. Gonta-ganti konfigurasi untuk mendapatkan settingan terbaik memang sudah menjadi hal yang lumrah pada motor prototipe. Apalagi motor prototipe ini dipakai langsung buat balap!

Pertanyaannya, mungkinkah Cross X 250 SF diproduksi massal? IMHO sangat mungkin… Buat apa Viar repot-repot melakukan riset dan pengembangan kalau nggak ada ujungnya. Jelas muaranya akan diproduksi massal. Masalahnya kapan diproduksi massal? Ini yang belum bisa dijawab. Sejauh ini Cross X 250 SF cuma wara-wiri dari sirkuit yang satu ke sirkuit yang lain untuk mengikuti event balap motocross dan grasstrack. Ajang balap ini sekaligus dipakai oleh Viar untuk melakukan riset dan pengembangan si Cross X 250 SF. Monggo deh temen-temen simak dulu aja video Cross X 250 SF berikut ini ya!

Advertisements