Viar E-Cross Baru Akan Dijual Mulai Tahun 2019, Berapa Harganya?

Well… Beberapa hari yang lalu Viar Motor Indonesia telah memperkenalkan sebuah motor trail konsep baru dengan nama E-Cross. Jelas E-Cross sangat berbeda dibandingkan dengan motor-motor trail Viar yang sudah ada. Bisa dibilang E-Cross adalah terobosan baru di mana motor ini nggak pakai mesin konvensional, melainkan menggunakan mesin elektrik yang memiliki suara sangat senyap dan nggak mengeluarkan emisi gas buang. Belum lagi desain E-Cross juga sangat nyentrik. Asli keren tapi nggak pasaran!

Dalam sesi perkenalan itu Viar menyediakan dua varian E-Cross, yaitu E-Cross Lite dan E-Cross Advance. Perbedaan utama Lite dan Advance terletak di bagian baterai. Baterai Lite memiliki voltase yang lebih rendah (48V/32AH), sedangkan versi Advance menggunakan baterai 60V/32AH. Kemudian baterai Lite belum mendukung teknologi fast charging sehingga untuk satu kali pengisian dari baterai kosong hingga penuh butuh waktu enam jam. Di sisi lain versi Advance sudah mengadopsi fitur fast charging. Isi baterai dari kosong sampai penuh cuma butuh waktu tiga jam saja. Keren nih! Beda yang lainnya versi Lite pakai suspensi depan teleskopik, sementara Advance pakai suspensi depan upside down.

Overall sih desain Lite dan Advance sangat mirip. Keduanya sama-sama bisa menempuh jarak 100 km dalam sekali charging, sama-sama pakai ban ring 19 inch depan-belakang, dan ya desainnya sama-sama ringkas, sederhana, nyentrik, keren, dan cenderung mirip kayak mountain bike (MTB). Masalahnya adalah E-Cross masih berupa konsep atau prototipe. Motor ini belum resmi dijual oleh Viar. Cukup banyak pertanyaan yang masuk ke newsroom Adventuriderz.com mengenai kapan E-Cross tersedia di dealer? Berapa pula harganya? Kayaknya lumayan banyak yang tertarik nih…

Setahu Adventuriderz.com, E-Cross baru akan dipasarkan mulai tahun depan (2019) atau paling cepat akhir tahun 2018 lah. Harganya pun masih belum bisa dipastikan. Kemungkinan besar harga baru akan nongol di Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) pada Agustus 2018 mendatang. Sekarang ini VIar masih akan melakukan sejumlah update sebelum E-Cross benar-benar dilempar ke pasaran. Tentu tujuannya adalah untuk memuaskan konsumen yang membeli motor ini. Harganya mudah-mudahan sih masih terjangkau ya. Belum bisa dipastikan juga nih E-Cross bakal dijual on the road kayak scooter elektrik Q1 atau hanya sekedar dijual off the road tanpa surat-surat.

Foto: Vandra/Monkeymotoblog.com

Advertisements