• Home »
  • Article »
  • Wuiiih… Motor Trail Elektrik Alta Motors Bakal Ikutan Erzberg Rodeo 2018!

Wuiiih… Motor Trail Elektrik Alta Motors Bakal Ikutan Erzberg Rodeo 2018!

Temen-temen sekalian… Kenal dengan Alta Motors? Yaps nggak salah lagi Alta Motors merupakan pabrikan motor trail elektrik yang bermarkas di California, Amerika Serikat. Brand yang satu ini telah mengeluarkan produk yang cukup populer di segmen balap motocross, yaitu Alta Motor Redshift MX. Selain produk motocross, rupanya Alta Motors juga memproduksi motor versi enduro bernama Alta Motors Redshift EX. Nggak terlalu banyak perbedaan antara MX dan EX. Yang paling kelihatan secara fisik adalah versi enduro (EX) dilengkapi dengan headlight, sedangkan versi motocross (MX) tanpa headlight. Perbedaan lainnya juga ada seperti rasio gear dan lain-lain. Hanya saja Alta Motors belum memberikan penjabaran yang cukup jelas mengenai EX. Satu hal yang sangat menarik nih bro, Alta Motors akan menerjunkan Redshift EX ke salah satu ajang balap hard enduro ternama di dunia Erzberg Rodeo 2018 yang digelar di Austria!

Erzberg Rodeo alias Red Bull Hare Scramble masuk ke dalam salah satu agenda dalam kompetisi World Enduro Super Series (WESS) 2018. Meskipun pada main race hanya berjarak 21 mil atau sekitar 33,8 km, tapi balapan yang sudah digelar sejak 1995 ini amat sangat tersohor. Kenapa? Karena jalur yang disediakan memang sangat ikonik dan ekstrem. Belum lagi peserta yang ikut ambil bagian sangat banyak. Setiap tahun ada sekitar 2.000 rider yang ikut serta di babak kualifikasi Erzberg Rodeo, namun hanya ada 500 rider yang start di main race. Para peserta ini hanya diberi waktu maksimal empat jam untuk menyelesaikan race, dan parahnya lagi hanya ada segelintir rider yang bisa sukses menyelesaikannya. Pada tahun 2017 yang lalu hanya ada 25 rider yang berhasil finish, sedangkan tahun 2016 malah cuma ada sembilan rider. Dari penjabaran itu bisa dibayangkan dong gimana ekstremnya Erzberg Rodeo.

Nah, untuk Erzberg Rodeo 2018 nanti Alta Motors akan menerjunkan dua orang rider. Mereka adalah Ty Tremaine dan Lyndon Poskitt. Ini bakal menjadi sejarah besar buat Alta Motors karena menjadi pabrikan motor trail elektrik pertama yang tampil di ajang balap Erzberg Rodeo! Tremaine memang baru pertama kali membalap di Erzberg Rodeo. Tapi rider yang satu ini sudah punya modal yang cukup kuat antara lain melalui pengalamannya menjadi juara SuperEnduro Junior World Championship 2015 dan tiga kali menjadi juara AMA EnduroCross Junior Championship. Paling nggak pengalaman itu bisa menjadi bekal buat Tremaine dalam menghadapi lintasan ekstrem Erzberg Rodeo 2018. Target Tremaine pun nggak muluk-muluk, 50 besar sudah cukup!

Bagaimana dengan Lyndon Poskitt? Poskitt dulunya adalah pembalap off road profesional. Dia juga merupakan petualang dunia menggunakan motor yang mengabadikan perjalanannya melalui serial Races to Places. Selain itu Poskitt masih sangat aktif mengikuti balap Rally Dakar setiap tahun. Berbekal pengalaman Poskitt yang pernah membalap di Erzberg Rodeo sebelumnya, Alta Motors berharap doi bisa membawa Redshift EX ke garis finish Erzberg Rodeo.

Apakah Alta Motors bakal sukses membuktikan motor elektrik sanggup bertarung dengan mesin konvensional? Ya kita mesti nunggu hasil Erzberg Rodeo 2018 nanti. Tapi gini, Alta Motors kelihatan sangat serius bermain di market motor trail elektrik. Buktinya mereka dikabarkan membangun motor Redshift EX dengan tenaga sebesar 40 HP di roda belakang agar bisa melibas deretan hill climb di Erzberg Rodeo. Angka 40 HP itu kurang lebih setara dengan motor enduro mesin konvensional 250 cc 4-stroke. Menariknya torsi Redshift EX itu gede banget… Tembus sekitar 160 Nm! Gila nggak tuh? Udah kayak torsinya moge yak?? Dan baterai Redshift EX sekali charging sanggup dipakai di medan ekstrem selama lebih dari tiga jam.

Advertisements