KTM Perkenalkan Motor Enduro Versi 2019, Total Ada Delapan Model

Seperti biasa, memasuki bulan Mei setiap tahunnya KTM hampir pasti mengumumkan jajaran motor enduro terbaru. Begitu pula pada Mei 2018 ini, KTM menjadi pabrikan motor pertama di dunia yang memperkenalkan lineup motor enduro model year 2019. Total ada sembilan varian yang ditawarkan oleh KTM pada motor enduro model year 2019. Di sektor 2-stroke ada KTM 125 XC-W, KTM 150 XC-W, KTM 250 EXC TPI, dan KTM 300 EXC TPI, sedangkan untuk mesin 4-stroke terdiri dari KTM 250 EXC-F, KTM 350 EXC-F, KTM 450 EXC-F, dan KTM 500 EXC-F. Pasti banyak yang penasaran nih, apa sih beda motor enduro KTM model year 2018 yang beredar sekarang dengan motor enduro model year 2019??

Sebenarnya basis pengembangan motor enduro model year 2019 dari KTM masih berasal dari motor model year 2017 silam. Waktu itu KTM memberikan update besar-besaran pada varian motor enduronya. Kemudian basic dari model year 2017 dikembangkan lagi menjadi model year 2018, dan sekarang masih dibawa hingga model year 2019. Karena update besar-besaran sudah dilakukan pada model year 2017, maka update pada model year 2019 ini nggak terlalu radikal. Dalam rilis yang dikirimkan oleh KTM ke newsroom Adventuriderz.com, disebutkan bahwa generasi terbaru KTM EXC mendapatkan update di bagian settingan suspensi depan WP Xplor 48. Settingan suspensi depan sekarang dibuat lebih stiff, begitu juga dengan suspensi belakang untuk menyesuaikan karakter dengan suspensi depan.

Update lainnya terletak di bagian baterai. Motor enduro KTM model year 2019 menggunakan baterai baru yang berasal dari vendor berbeda dibandingkan dengan model year 2018. Baterai lithium ion yang dipasang tetap memiliki bobot yang enteng, namun lebih powerful dengan kapasitas 2 Ah. Perubahan ini bertujuan untuk meningkatkan tenaga dan daya tahan baterai saat riding di kondisi yang paling sulit sekalipun. Semua model motor enduro model year 2019 mendapatkan baterai baru, termasuk KTM 150 XC-W. Kecuali KTM 125 XC-W memang nggak dapat baterai baru karena motor ini nggak pakai electric starter.

Apakah updatenya cuma itu aja? Tentunya nggak dong… IMHO pada motor model year 2019 ini memiliki warna yang cukup menarik. Kalau dulu pada varian standar menggunakan warna frame hitam, sekarang warna framenya orange khas KTM dan mirip seperti motor milik para rider tim factory KTM (KTM Factory Racing). Warna grafis mengalami perubahan dengan dominasi orange plus sedikit warna hitam di bagian tangki. Terus desain jok juga berubah. Sekarang bagian belakang jok ada garis-garis agar jok tetap memiliki grip saat berada di lintasan basah atau berlumpur.

Oh ya… Sejumlah komponen berkualitas tinggi dari brand ternama tetap terpasang pada motor enduro KTM model year 2019. Sebut saja suspensi WP, rem Brembo, handlebar NEKEN, footpegs dari No-Dirt, hub roda CNC, hingga rim buatan Giants. Itu semua adalah komponen standar yang terdapat di semua varian, mulai dari kapasitas paling kecil (125 cc) sampai dengan kapasitas yang paling besar (500 cc). Jadi motor enduro dari KTM standarnya memang udah ready to race berkat perpaduan frame yang sangat ringan, mesin powerful, dan komponen berkualitas tinggi dari brand terkenal di dunia.

Kapan masuk ke Indonesia mas? Biasanya sih motor enduro terbaru KTM seperti ini masuk ke Indonesia sekitar kuartal ketiga atau paling lambat kuartal keempat. Ya kemungkinan antara Agustus-Oktober 2018 udah masuk lah. Itu kalau melihat tren-tren yang ada sebelumnya ya. Nggak tahu deh kalau KTM Indonesia bisa memasukkan lebih cepat atau malah justru lebih lambat dari biasanya. Ada yang tertarik nunggu motor enduro KTM model year 2019? Atau mendingan ambil motor enduro KTM model year 2019 yang udah pasti ready stock dan ada diskon lumayan gede?

KTM Enduro 2-Stroke Model Year 2019:

  • KTM 125 XC-W
  • KTM 150 XC-W
  • KTM 250 EXC TPI
  • KTM 300 EXC TPI
KTM Enduro 4-Stroke Model Year 2019:
  • KTM 250 EXC-F
  • KTM 350 EXC-F
  • KTM 450 EXC-F
  • KTM 500 EXC-F

Advertisements