KTM Sediakan Varian Six Days Pada Motor Enduro Model Year 2019

KTM baru-baru ini merilis lineup motor enduro model year 2019. Total ada delapan model yang ditawarkan oleh KTM, terdiri dari empat model bermesin 2-stroke (KTM 125 XC-W, KTM 150 XC-W, KTM 250 EXC TPI, KTM 300 EXC TPI) dan empat model lagi bermesin 4-stroke (KTM 250 EXC-F, KTM 350 EXC-F, KTM 450 EXC-F, KTM 500 EXC-F). Itu semua adalah varian standar bro! Tapi seperti yang sudah lazim berlaku setiap tahun, KTM selalu menyediakan varian special edition pada deretan motor enduro dengan label “Six Days”, dan pada model year 2019 ini motor enduro KTM dilabeli “Six Days Chile”.

Ada yang belum paham maksud Six Days? Yups… Pada dasarnya label Six Days yang tertempel pada motor enduro special edition KTM adalah untuk ikut memeriahkan gelaran International Six Days Enduro (ISDE) yang digelar setiap tahun. Bisa dibilang ISDE merupakan olimpiade atau piala dunianya cabang olahraga enduro yang mempertarungkan balap enduro antar negara. Jadi para rider yang selama ini bertarung untuk tim seperti KTM, Husqvarna, Sherco, Beta, Honda, Yamaha, atau tim privateer lainnya, maka di ISDE mereka akan ditarik untuk membela negaranya masing-masing. Kebanyakan rider yang bertarung di ISDE berasal dari kancah balap EnduroGP karena konsep balap ISDE juga sangat mirip dengan EnduroGP. Gelaran ISDE sendiri setiap tahun berpindah-pindah. Misal 2014 di Argentina, 2015 di Slovakia, 2016 di Spanyol, 2017 di Perancis, dan pada tahun 2018 ini di Chile.

Karena KTM Enduro Six Days tergolong sebagai motor special edition, maka fiturnya lumayan berbeda dibandingkan dengan versi standar. Memang sih KTM belum membeberkan seperti apa spesifikasi lengkap KTM Enduro Six Days Chile model year 2019. Tapi sepengetahuan Adventuriderz.com varian Six Days dibangun dari basis mesin dan frame yang sama persis dengan varian standar. Bedanya varian Six Days mendapatkan sejumlah aksesoris dari KTM PowerParts yang tidak terpasang pada varian standar. Sebut saja adanya map switch untuk mengubah mapping atau karakter mesin, traction control switch untuk mengaktifkan fitur traction control, ada engine guard, terpasang pelindung leher knalpot dari bahan karbon pada varian 2-stroke, triple clamps CNC yang lebih presisi dan lebih kuat, mamakai sprocket Supersprox, disc brake beda, warna grafis khas Six Days, ukiran atau tulisan Six Days di sejumlah komponen (silencer knalpot, handlebar, velg), dan masih banyak lagi yang lainnya. Temen-temen bisa lihat sendiri deh perbedaannya dari foto. Foto paling atas itu varian standar, sedangkan foto-foto di bawahnya adalah varian Six Days Chile.

Kemungkinan untuk motor edisi 2019, varian Six Days tersedia dalam enam model, antara lain KTM 250 EXC TPI Six Days, KTM 300 EXC TPI Six Days, KTM 250 EXC-F Six Days, KTM 350 EXC-F Six Days, KTM 450 EXC-F Six Days, dan KTM 500 EXC-F Six Days. Apakah motor-motor ini bakal masuk ke Indonesia? Pasti bro!! Apalagi KTM Indonesia itu biasanya lebih fokus memasukkan varian Six Days ketimbang varian standar. Jadi kalau temen-temen mau cari motor KTM Enduro Six Days Chile nanti gampang banget. Tapi nanti ya, kemungkinan sekitar kuartal ketiga atau keempat 2018. Sekarang belum masuk ke Indonesia. Lha wong di Eropa sana juga baru perkenalan, belum ada di pasaran. Sabaaaar! Justru yang agak repot malah waktu temen-temen cari varian standar. Paling cuma tipe-tipe tertentu aja varian standar yang masuk ke Indonesia. Hehehe… Maklum orang Indonesia banyak yang sugih… Beli apa-apa maunya langsung yang high spec. Nggak peduli harganya lebih mahal…

Advertisements