• Home »
  • Article »
  • Husqvarna Enduro Model Year 2019 Resmi Dirilis, Total Ada Delapan Varian

Husqvarna Enduro Model Year 2019 Resmi Dirilis, Total Ada Delapan Varian



Saat KTM memberikan update pada jajaran motor enduronya dengan mengeluarkan KTM Enduro Model Year 2019, dipastikan Husqvarna melakukan hal serupa. Lho kenapa? Karena pada dasarnya Husky itu merupakan brand motor yang dimiliki oleh KTM. Apalagi Husky juga menggunakan basis mesin dan frame yang sama pada lineup motornya. Memang ada sejumlah perbedaan, tapi nggak begitu signifikan. Dan satu hal lagi yang perlu temen-temen ketahui, Husky itu diposisikan sebagai brand yang lebih premium dari KTM. Makanya jangan heran kalau motor-motor Husky memiliki sejumlah fitur yang nggak ada di varian standar motor KTM.

Sama seperti KTM, Husky mengeluarkan delapan varian motor enduro model year 2019. Dari delapan motor itu empat di antaranya menggunakan mesin 2-stroke, yaitu Husky TX 125, Husky TE 150, Husky TE 250i, dan Husky TE 300i, sedangkan yang menggunakan mesin 4-stroke antara lain Husky FE 250, Husky FE 350, Husky FE 450, dan Husky FE 501. Secara umum motor yang dijual di Eropa dan pasar global hanya ada tujuh. Khusus untuk Husky TE 150 hanya dipasarkan di Amerika Serikat. Negara-negara lain di luar Amerika Serikat mendapatkan tujuh varian tanpa adanya Husky TE 150.

Terus apa yang beda antara Husky Enduro Model Year 2019 dengan motor generasi sebelumnya? Sama seperti pada KTM Enduro Model Year 2019, pada Husky ini juga tergolong sebagai minor change. Hanya sedikit update yang diberikan alias nggak terlalu radikal seperti pada model year 2017 yang lalu. Perbedaan pertama terletak pada penampilan, di mana Husky Enduro Model Year 2019 mendapatkan corak grafis baru. Yang kedua, suspensi depan WP Xplor 48 di-setting lebih keras dibandingkan dengan motor model year 2018. Begitu pula dengan suspensi belakang WP DCC juga dibikin lebih stiff. Menurut Husky settingan ini memenuhi kebutuhan lebih banyak para penggila off road. Update ketiga, Husky Enduro Model Year 2019 dibekali baterai baru yang lebih kuat, lebih berkualitas, dan lebih reliable. Ini adalah jawaban dari Husky akibat sejumlah komplain mengenai baterai motor enduro generasi sebelumnya yang kurang reliable. Oh ya, tipe baterai yang dipakai tetap lithium ion yang terkenal ringan dan ringkas. Hanya saja Husky menggunakan baterai dari vendor yang berbeda untuk motor model year 2019.



Khusus untuk motor 2-stroke kecil Husky TX 125 dan Husky TE 150 mendapatkan sejumlah update di sektor mesin, termasuk di antaranya adalah Diaphragm Steel Clutch dan clutch cover baru yang lebih kuat dan lebih reliable. Sejumlah ubahan yang dilakukan di sektor mesin ini membuat mesin Husky TX 125 dan Husky TE 150 terbaru menjadi lebih ringkas 10 mm. Dalam rilis yang dikirimkan ke Adventuriderz.com, Husky mengklaim duo baby model ini punya power dan torsi yang lebih besar dibandingkan dengan motor generasi sebelumnya. Kabar bagus sekaligus kabar buruknya, Husky TE 150 sudah dilengkapi dengan elektrik starter, sementara Husky TX 125 masih setia dengan kick starter tanpa adanya electric starter.

Seperti yang Adventuriderz.com katakan tadi, Husky diposisikan sebagai brand yang lebih premium daripada KTM. Imbasnya motor Husky Enduro Model Year 2018 punya fitur standar yang lebih komplit dibandingkan dengan KTM Enduro Model Year 2019 varian basic. Di Husky 4-stroke misalnya, sudah ada switch untuk mengaktifkan traction control. Di sana juga ada map switch yang berfungsi untuk mengubah karakter atau mapping mesin sesuai dengan track yang dilewati maupun sesuai dengan keinginan rider. Dua buah switch ini terpasang dengan manis di handlebar ProTaper yang sudah menjadi standar pada semua motor enduro Husky. Kemudian pada motor bermesin 2-stroke juga ada switch untuk memilih pengapian motor. Hanya ada dua mode pilihan yang diberikan, yaitu mode standar dan mode low yang biasa dipakai saat menghadapi kondisi track dengan traksi rendah.

Terus kapan bakal masuk ke Indonesia mas? Konon kabarnya sih Husky Enduro Model Year 2019 bakal tersedia di seluruh dealer resmi di Eropa mulai bulan Mei 2018 ini juga. Sedangkan untuk Indonesia umumnya baru akan masuk sekitar kuartal ketiga atau kuartal keempat 2018. Kurang lebih sekitar bulan Agustus – Oktober 2018 lah. Harap sabar dulu deh kalau pengen meminang motor model year 2019. Tapi kalau nggak sabat ya bisa juga ambil yang model year 2018 sekarang. Kayaknya banyak yang ready stock di Husqvarna Indonesia.

Advertisements