• Home »
  • Article »
  • TNI Angkatan Darat Pakai Viar Cross X 200 GT Sebagai Kendaraan Dinas

TNI Angkatan Darat Pakai Viar Cross X 200 GT Sebagai Kendaraan Dinas

Meskipun belakangan mulai berkurang gaungnya, ternyata Viar Motor Indonesia masih sangat intens dalam menjual lineup motor trail. Nggak cuma kepada konsumen umum, tapi penjualan juga dilakukan kepada instansi-instansi negara. Kabar terbaru yang Adventuriderz.com dapatkan adalah Viar sukses menjual puluhan motor trail Cross X 200 GT kepada TNI Angkatan Darat. Motor itu selanjutnya dipakai sebagai kendaraan dinas bagi anggota Bintara Pembina Desa (Babinsa) yang berada di bawah naungan Komando Distrik Militer (Kodim) 0618 Bandung dan Komando Daerah Militer (Kodam) III Siliwangi yang bermarkas di Bandung, Jawa Barat.

Dalam foto yang Adventuriderz.com dapatkan, terlihat Cross X 200 GT dalam balutan warna khas Kodam Siliwangi berjejer dengan sangat rapi. Masih belum diketahui secara pasti berapa jumlahnya, yang jelas lumayan banyak. Diperkirakan mencapai puluhan unit. Itu yang terlihat di foto ya… Secara umum Cross X 200 GT yang dipakai oleh Kodam Siliwangi masih dalam kondisi standar. Kalaupun ada penyesuaian itu tergolong hal yang sangat lumrah dan minor. Misalnya aja warna yang sesuai dengan standar militer lengkap dengan tulisan Babinsa, Kodim 0618, dan Kodam III Siliwangi. Asli warnanya lumayan angker euyy… Kemudian di bagian headlight ketambahan aksesoris berupa windscreen yang berfungsi melindungi tubuh dari terpaan angin. Selebihnya terlihat standar semua, bahkan nggak terlihat adanya tempat penyimpanan bagasi di bagian belakang motor.

IMHO ini menjadi kebanggaan tersendiri buat Viar karena salah satu produknya mampu menembus market fleet institusi negara, terlebih ini sebagai kendaraan dinas bagi pasukan TNI Angkatan Darat. Soal performa motor kayaknya nggak perlu dipertanyakan lagi. Adventuriderz.com pernah pakai Cross X 200 SE (generasi awal sebelum Cross X 200 GT), motor ini sangat galak, powerful, sekaligus torque. Performa mesin standarnya aja asyik banget buat off road, nggak perlu diutak-atik lagi. Bisa dibilang mesin Cross X 200 GT udah sangat siap buat off road ekstrem sekalipun. Cuma kalau dipakai di aspal memang vibrasinya lumayan kenceng, nggak sehalus motor Jepang. Terus konsumsi bahan bakar lumayan boros dan suara knalpot tergolong loud. Tapi itu jadi resep yang bikin motor ini siap dipakai off road sih… Congrats Viar!

Advertisements