• Home »
  • Article »
  • Kereeeeen…. Honda Rilis Empat Motor Off Road Baru Model Year 2019!

Kereeeeen…. Honda Rilis Empat Motor Off Road Baru Model Year 2019!



Honda sepertinya mulai serius menggarap market motor off road nih bro… Mungkin pertimbangannya agar bisa bersaing langsung dengan sederet brand motor off road asal Eropa macam KTM, Husqvarna, Sherco, dan Beta. Kalau untuk sesama brand motor Jepang ya paling nggak head-to-head dengan Yamaha yang punya lineup motor off road cukup lengkap dan banyak. Nggak tanggung-tanggung, Honda baru saja meluncurkan empat motor off road baru dengan kapasitas mesin 250 cc dan 450 cc. Apa saja mereka?

Yang pertama adalah CRF450L. Ini kabar baik banget buat para penggemar motor dual sport karena CRF450L masuk ke dalam kategori motor dual sport untuk menemani CRF150L, CRF230L, CRF250L, dan CRF250L RALLY yang dipasarkan di sejumlah negara di dunia. Adventuriderz.com hanya ingin highlight dulu bahwa pada dasarnya CRF450L dikembangkan dari basis motocross CRF450R tapi dengan sejumlah ubahan dan penyesuaian agar motor ini legal dipakai di jalan raya. Bisa dibilang ini tergolong sebagai motor yang total baru. Sebelumnya Honda nggak punya CRF450L dalam lineup produknya. So, kalau mau motor dual sport powerful, enteng, desain keren, dan sangat reliable khas Honda ya CRF450L inilah jawabannya.

Honda CRF450L

Motor trail kedua yang dirilis oleh Honda untuk model year 2019 yaitu CRF450RX. Beda dengan CRF450L yang benar-benar motor baru dan belum pernah ada sebelumnya, CRF450RX ini sudah dirilis oleh Honda sejak dua tahun yang lalu. Basis pengembangannya juga sama, berasal dari motocross CRF450R. Pada model year 2019 dilakukan sejumlah perbaikan atau update agar motor menjadi lebih baik lagi. Oh ya, CRF450RX itu masuk ke dalam kategori motor enduro cross-country yang sangat populer di Amerika Serikat. Dari penampilannya saja terlihat motor ini tidak legal dipakai di jalan raya. Nggak ada headlight, nggak ada taillight, nggak ada turn light, nggak ada mirror, nggak ada konsol speedometer, dan lain-lain. CRF450RX murni diciptakan untuk kompetisi enduro cross-country dengan track berupa closed-course circuit.

Honda CRF450RX

Motor off road model year 2019 ketiga yang dikeluarkan oleh Honda adalah CRF450X. Sebenarnya CRF450X juga bukan motor yang baru dalam lineup Honda. Motor ini udah lama banget, tapi juga lama nggak mendapatkan update. Baru pada model year 2019 ini Honda memberikan update pada CRF450X. Kalau CRF450RX tergolong sebagai motor kompetisi cross-country, CRF450X merupakan motor enduro tulen. Basis pengembangannya tetap mengacu pada motocross CRF450R dengan sejumlah penyesuaian settingan agar cocok dipakai di lintasan off road atau enduro. Headlight merupakan piranti standar yang terpasang pada CRF450X.



Honda CRF450X

Motor off road terakhir yang diperkenalkan oleh Honda pada model year 2019 adalah motor kompetisi cross-country CRF250RX. Motor ini bisa dibilang sudah cukup lama dinantikan. Pasalnya di kelas seperempat liter selama ini Honda baru punya motor motocross CRF250R dan motor enduro CRF250X. Motor yang disebut terakhir ini malah udah lama banget nggak mendapatkan update. Makanya nggak heran kalau CRF250RX sangat dinantikan. Pada dasarnya CRF250RX dikembangkan dari basis motocross CRF250R terbaru yang sudah menggunakan mesin DOHC dengan settingan suspensi yang telah disesuaikan untuk kebutuhan off road.

Honda CRF250RX

Masing-masing motor bakal Adventuriderz.com bahas di artikel terpisah. Termasuk spesifikasi lengkap nanti ada di sana. Informasi yang bisa disampaikan saat ini adalah keempat motor baru akan dilempar ke pasaran mulai September 2018. Apakah bakal masuk ke Indonesia? Sangat mungkin, tapi via importir umum (IU), karena Astra Honda Motor (AHM) sebagai ATPM belum ada niatan nambah lineup motor trail, terutama yang sangat berorientasi off road dan bermesin spesial macam CRF450L, CRF450RX, CRF450X, dan CRF250RX.

Advertisements