• Home »
  • Article »
  • Crash Hingga Cidera, Cody Webb Kubur Impian Juara Erzberg Rodeo 2018

Crash Hingga Cidera, Cody Webb Kubur Impian Juara Erzberg Rodeo 2018

Salah satu kompetisi hard enduro paling kejam, paling keras, dan paling ketat di dunia, Erzberg Rodeo (Red Bull Hare Scramble) 2018, akhirnya memakan korban. Pembalap yang bernaung di tim FMF KTM Factory Racing Cody Webb mengalami crash yang cukup parah pada sesi Iron Road Prologue 2, Sabtu (2/6/2018) kemarin. Imbas dari kecelakaan itu Cody Webb mengalami patah tulang kaki dan tulang jari kaki yang membuat dia tidak bisa berlaga di main race pada Minggu (3/6/2018) hari ini.

Sebelum Erzberg Rodeo 2018 dimulai, sebenarnya Cody Webb menjadi salah satu pembalap yang difavoritkan mendapatkan gelar juara. Kenapa? Ya karena Cody Webb masuk ke dalam golongan pembalap elit hard enduro. Apalagi Cody Webb sudah menjuarai EnduroCross sebanyak dua kali, baru saja mendapatkan gelar juara SuperEnduro 2018, dan dalam waktu dua tahun terakhir (2016-2017) selalu meraih podium ketika ikut berlaga di Erzberg Rodeo. Nggak heran kalau Cody Webb pun digadang-gadang sebagai orang Amerika Serikat pertama yang bisa menggondol gelar juara Erzberg Rodeo pada tahun 2018 ini.

Sayangnya Cody Webb mengalami crash di babak kualifikasi, sekaligus membuktikan bahwa Erzberg Rodeo merupakan kompetisi yang sangat kejam. Nggak boleh ada kesalahan sekecil apapun. Sudah lazim Iron Road Prologue 2 berlangsung jauh lebih keras dibandingkan dengan Iron Road Prologue 1. Track yang dilewati dipenuhi oleh bebatuan yang sangat mudah membuat pembalap tergelincir dalam kecepatan tinggi, dan itulah yang terjadi pada Cody Webb. Parahnya lagi kejadian itu hanya terjadi beberapa detik setelah Cody Webb melakukan start.

“Ini menjadi sangat kasar karena begitu banyak pembalap yang mengikuti prologue dan itu sukses membuat aku keluar dari kompetisi ini. Aku mencoba melakukan apapun yang aku bisa dan berusaha menggunakan kaki panjangku agar tidak crash, tapi sayangnya aku tidak bisa mempertahankan keseimbangan dan tentu tidak bisa ikut balapan besok,” tutur Webb.

FYI aja ya… Erzberg Rodeo adalah kompetisi balap hard enduro yang masuk ke dalam kalender World Enduro Super Series (WESS) 2018, sebuah kompetisi yang tujuan akhirnya mencari pembalap enduro paling hebat di dunia karena di WESS ada unsur classic enduro, hard enduro, cross-country, dan beach race. Erzberg Rodeo sendiri digelar di sebuah area pertambangan di Eisenerz – Austria yang disebut dengan Iron Giant. Menurut rencana main race akan disiarkan live oleh Red Bull TV nanti malam pukul 20.00 WIB. So, buat temen-temen yang penasaran dengan aksi para jagoan enduro dunia bisa melakukan streaming di YouTube melalui akun Red Bull TV. Don’t miss it!!

Advertisements