Yamaha WR250F Masuk ke Indonesia Tahun Ini, Harganya Menggiurkan!

Lagi-lagi ada kabar menarik nih buat para penggemar motor off road. Selentingan kabar yang beredar menyebutkan bahwa Yamaha CBU Off Road Indonesia alias Dr. No Off Road Industries yang menjadi distributor resmi dirt bike Yamaha di Indonesia bakal memasukkan motor enduro WR250F ke Tanah Air dalam waktu dekat. WR250F akan bertandem dengan motor cross-country YZ250FX yang sudah lebih dulu masuk ke sini sejak 2016. Lebih serunya lagi WR250F rencananya dijual dengan harga yang sangat bersahabat. Memang berapa mas?

Nah… Bisa dibilang antara WR250F dan YZ250FX itu motor yang mirip-mirip. Keduanya dibangun dari basis mesin dan frame yang sama persis. Nggak menyimpang sama sekali. Tapi WR250F mengusung filosofi yang berbeda. WR250F diciptakan sebagai motor trail enduro tulen sehingga settingan ECU dan ignition bersifat restricted, ada throttle stop, suaranya lebih senyap, comply dengan regulasi emisi Euro 4, ada headlight dan taillight, ada konsol speedometer, suspensi lebih soft, serta power delivery juga lebih lembut. Karena motor ini comply dengan regulasi emisi terbaru di Eropa dan Amerika Serikat yang terkenal sangat ketat, makanya nggak heran kalau banyak juga rider yang menggunakan WR250F sebagai motor dual sport (on road – off road). Yapss tinggal pasang kaca spion, lampu sein, dan nopol sudah jadi motor street legal!

Yamaha WR250F

Di sisi lain YZ250FX itu diciptakan sebagai race bike untuk kompetisi macam Grand National Cross-Country (GNCC) yang cukup populer di Amerika Serikat. Dengan menyandang predikat race bike, YZ250FX memiliki power delivery yang lebih galak, suspensi lebih keras, ECU dan ignition unrestricted karena bisa di-setting menggunakan sebuah tools bernama Yamaha GYTR, tanpa throttle stop, tanpa konsol speedometer, tanpa lampu-lampu, knalpot ala motocross YZ250F yang suaranya sangat kencang, dan tentu saja hanya boleh dipakai di lintasan tertutup lantaran nggak comply dengan regulasi emisi terbaru.

Yamaha YZ250FX

Jadi dengan kehadiran WR250F di Indonesia sekitar bulan Oktober 2018 nanti paling nggak bisa menambah pilihan buat konsumen. Yang demen pakai motor dengan power delivery galak khas race bike bisa pilih YZ250FX yang harganya sekitar Rp 95 juta off the road. Terus buat temen-temen yang lebih suka karakter motor dengan power delivery lembut, enak buat ngetrail alias fun off road, dan udah ada lampu-lampu bisa menjatuhkan pilihan kepada WR250F. Tapi WR250F ini harganya lebih mahal sekitar Rp 10 juta dibandingkan dengan YZ250FX. Harga perkiraan WR250F di Indonesia nanti sekitar Rp 105 juta. Bisa dibilang harganya amat sangat menarik khas Yamaha. Apalagi kalau dibandingkan dengan motor enduro sekelas dari Eropa macam KTM 250 EXC-F dan Husqvarna FE 250 yang harganya udah tembus Rp 165 jutaan, jelas WR250F amat sangat menggoda!

Yamaha WR250F

Advertisements