• Home »
  • Article »
  • Dari Erzbergrodeo, WESS 2018 Bergeser ke Trefle Lozerien AMV di Perancis

Dari Erzbergrodeo, WESS 2018 Bergeser ke Trefle Lozerien AMV di Perancis



Setelah menggelar pertarungan hard enduro dua kali beruntun di Extreme XL Lagares – Portugal dan Erzbergrodeo Red Bull Hare Scramble – Austria, World Enduro Super Series (WESS) 2018 bakal memasuki seri ketiga yang dihelat pada 8-10 Juni 2018. Nama event-nya adalah Trefle Lozerien AMV di Perancis. Berbeda dengan Extreme XL Lagares dan Erzbergrodeo yang tergolong sebagai kompetisi hard enduro, Trefle Lozerien AMV masuk ke dalam kategori pertarungan classic enduro. Seperti diketahui, WESS merupakan serial balap enduro multi disiplin yang terdiri dari hard enduro, classic enduro, cross-country, dan beach race. Para pembalap dari berbagai disilipin balap enduro itu bertarung memperebutkan gelar sebagai Ultimate Enduro Champion alias pembalap enduro paling hebat di dunia.

Di Extreme XL Lagares dan Erzbergrodeo memang pembalap-pembalap yang sudah terbiasa berkompetisi di ajang balap hard enduro amat sangat mendominasi. Makanya nggak mengherankan kalau top 10 klasemen sementara amat sangat didominasi oleh para atlet hard enduro. Sebut saja Jonny Walker (Red Bull KTM Factory Racing), Graham Jarvis (Rockstar Energy Husqvarna Factory Racing), Billy Bolt (Rockstar Energy Husqvarna Factory Racing), Manuel Lettenbichler (Red Bull KTM Factory Racing), hingga Wade Young (Sherco Factory Racing). Ketika memasuki Trefle Lozerien AMV, tentu menjadi kesempatan yang sangat bagus buat para pembalap yang terbiasa bermain di kompetisi classic enduro.

Josep Garcia (Red Bull KTM Factory Racing), Nathan Watson (Red Bull KTM Factory Racing), Jamie McCanney (Outsiders Yamaha Official Enduro Team), Loic Larrieu (Outsiders Yamaha Official Enduro Team), Mathias Bellino (Honda ORC Team), Jeremy Tarroux (Sherco Factory Racing), dan Johnny Aubert (Beta Factory Racing) adalah sederet nama yang perlu diperhitungkan dalam pertarungan Trefle Lozerien AMV akhir pekan ini karena mereka semua tergolong sebagai jagoan-jagoan balap classic enduro (EnduroGP). Memang sih nggak semua pembalap classic enduro yang disebutkan tadi ikutan satu musim penuh di WESS 2018. Yang ikutan satu musim penuh cuma Josep Garcia dan Nathan Watson. Tapi paling nggak mereka itu bisa merecoki perebutan gelar juara WESS 2018 jika berhasil mencuri kemenangan di Trefle Lozerien AMV. Sejauh ini pembalap classic enduro dengan prestasi terbaik di WESS 2018 adalah Josep Garcia dengan menempati posisi ke-15 klasemen sementara.



Walaupun nama-nama pembalap classic enduro menjadi sangat diperhitungkan di Trefle Lozerien AMV, tapi para pembalap hard enduro macam Jonny Walker juga punya kecepatan yang sangat bagus dalam menghadapi pertarungan classic enduro. Lalu Billy Bolt dan Graham Jarvis yang masing-masing memenangkan Extreme XL Lagares dan Erzbergrodeo jelas nggak mau menyerah begitu saja. Mereka pasti ingin mendapatkan poin tambahan yang bisa membantu mereka menjadi juara WESS di akhir musim. Nama-nama lain atlet hard enduro seperti Manuel Lettenbichler dan Mario Roman (Sherco Factory Racing) juga mesti diperhitungkan. Khusus untuk Mario Roman malah pernah cukup lama bertarung di classic enduro sebelum pindah haluan ke hard enduro.

Last… Pemenang WESS 2018 di akhir musim nanti adalah pembalap yang mengumpulkan poin terbanyak setelah mengikuti tujuh seri balapan yang terdiri dari hard enduro, classic enduro, cross-country, dan beach race. Satu orang pembalap akan mendapatkan gelar sebagai juara enduro sejati karena mampu mengumpulkan poin terbanyak setelah membalap di empat macam disiplin balap enduro yang berbeda. Akan tetapi pembalap yang berasal dari genre hard enduro paling diuntungkan. Sebab dari tujuh seri yang digelar dalam WESS 2018, empat di antaranya merupakan hard enduro, sedangkan sisanya masing-masing satu seri untuk classic enduro, cross-country, dan beach race. Mudah-mudahan sih ke depan serinya bertambah untuk yang non hard enduro. Biar pertarungan menjadi lebih seru dan berwarna. Iya nggak?

Fakta-Fakta Trefle Lozerien AMV:

  • 600: Jarak yang harus ditempuh oleh peserta dalam kilometer selama tiga hari lomba
  • 32: 2018 akan menjadi edisi yang ke-32 gelaran French Classic Enduro ini
  • 19: Yamaha pabrikan motor paling sukses dengan 19 kemenangan
  • 15: Jumlah special test di Trefle Lozerien AMV
  • 9: Stephane Peterhansel menjadi pembalap paling sukses dengan 9 kemenangan
  • 6: Angka kemenangan beruntun David Frétigné antara 1999 sampai 2004
  • 0: Belum ada pembalap non-Perancis yang sanggup memenangkan Trefle Lozerien AMV

Jadwal Trefle Lozerien AMV 2018:

  • 8 Juni 2018: Sirkuit Gorges du Tarn
  • 9 Juni 2018: Sirkuit Gévaudan Aubrac
  • 10 Juni 2018: Sirkuit Margeride

Peraih Podium Trefle Lozerien AMV 2017:

  1. Jeremy Tarroux (Sherco)
  2. Jamie McCanney (Yamaha)
  3. Emmanuel Albepart (Beta)
Advertisements