Aprilia Bikin Supermoto Keren SX-125, Bakal Ada Versi Trailnya?

Temen-temen sekalian… Kenal dengan brand motor Aprilia? Yups… Aprilia adalah brand yang berasal dari Negeri Pizza – Italia dan masuk ke dalam bagian Piaggio Group. Itu berarti Aprilia masih satu keluarga dengan merek-merek motor seperti Piaggio, Vespa, Scarabeo, Derbi, Gilera, dan Moto Guzzi. Kalau nggak salah beberapa merek keluarga Piaggio yang udah dijual di Indonesia antara lain Piaggio, Vespa yang paling populer, Moto Guzzi, dan Aprilia itu sendiri. Aprilia cukup dikenal sebagai pabrikan yang rajin mengeluarkan motor-motor sport dari kapasitas kecil (125 cc) sampai dengan yang kapasitasnya gede (1.000 cc). Oh ya, jangan lupa Aprilia juga ikutan bertarung di kancah balap MotoGP lho!

Kalau temen-temen mau tahu, baru-baru ini Aprilia merilis motor bergenre supermoto yang sangat keren bernama Aprilia SX-125. Kapasitas mesinnya memang kecil, cuma 125 cc, tapi desain secara keseluruhan Aprilia SX-125 keren abis! Aprilia terlihat sangat total dalam merancang SX-125. Dari sejumlah foto yang nongol di dunia maya terlihat Aprilia SX-125 pakai frame model twin spar. Bahannya sih masih dari besi kayaknya ya, bukan aluminium. Frame itu mengapit mesin 125 cc DOHC berpendingin cairan yang terlihat sangat padat. Nggak ada kesan koping sama sekali. Apalagi mesin kecil itu udah dilengkapi dengan sistem transmisi 6-percepatan. Jelas ini Aprilia nggak main-main sob…

Komponen-komponen lain yang terpasang di Aprilia SX-125 pun terlihat digarap sangat serius. Suspensi depan misalnya udah pakai model upside down, sedangkan suspensi belakangnya mono shock dengan link. Remnya pakai cakram dengan ukuran jumbo lengkap dengan sistem ABS. Gear belakang kelihatan gede banget, nggak tahu deh pakai ukuran berapa. Kemungkinan besar di atas 50 ya? Terus ban tapak lebar ring 17 inch depan-belakang sih udah pasti terpasang di sana karena ini mengusung genre supermoto. Overall Aprilia SX-125 punya penampilan kayak moge. Asli nggak nyangka kalau itu pakai mesin mungil 125 cc dengan tenaga sekitar 15 HP biar bisa dipakai oleh pemegang SIM A1 di Eropa sana.

Nah… Di pasaran nanti Aprilia SX-125 bakal bersaing langsung dengan motor-motor supermoto dan naked bike macam Yamaha WR125X, Yamaha MT-125, KTM 125 Duke, Beta RR Motard 125, dan lain-lain. Mengenai harga kabarnya bakal sangat kompetitif di Eropa sonooh… At least berada jauh di bawah Yamaha WR125X, Yamaha MT-125, dan KTM 125 Duke. Soalnya Aprilia melakukan kolaborasi dengan Zongshen. Sejumlah komponen Aprilia SX-125, termasuk mesin diproduksi oleh Zongshen di China. Tahu sendiri kan Zongshen itu salah satu pabrikan di China yang dikenal mampu memproduksi komponen dan motor dengan harga murah namun kualitasnya tetap terjaga. Sejumlah merek motor Indonesia, Australia, Amerika Serikat, bahkan Eropa udah banyak kok yang pakai mesin karya Zongshen. Khusus untuk Aprilia SX-125 ini basis mesinnya pakai punya Derbi, cuma produksinya aja yang diserahkan ke Zongshen.

Gimana di Indonesia? Bakal masuk nggak nih? Pengennya sih gitu, tapi pasti harganya lumayan ngeri. Maklum brand Eropa dikenal kejam dalam strategi pricing di Indonesia. Jarang ada brand Eropa yang menawarkan harga murah. Namun kolaborasi antara Aprilia dan Zongshen sangat memungkinkan untuk membuat harga Aprilia SX-125 lebih terjangkau kalau masuk ke sini. Adventuriderz.com sendiri malah lebih pengen seandainya Aprilia sudi bikin varian motor trail dual sport dari basis Aprilia SX-125. Pasti keren nih motor pakai ban dual purpose atau ban off road ring 18-21 inch!

Advertisements