• Home »
  • Article »
  • Jelang MXGP Indonesia 2018, Dua Pembalap KTM Bersaing Ketat di Klasemen

Jelang MXGP Indonesia 2018, Dua Pembalap KTM Bersaing Ketat di Klasemen

Indonesia bakal kembali menggelar balap motocross bertaraf internasional, FIM Motocross World Championship (MXGP), pada tahun 2018 ini. Menariknya, Indonesia nggak tanggung-tanggung menjadi tuan rumah karena mendapatkan jatah menggelar dua seri sekaligus. Dua lokasi yang menjadi venue MXGP di Indonesia adalah Pangkalpinang dan Semarang. Pangkalpinang akan menjadi venue bagi MXGP of Indonesia pada 29 Juni 2018 sampia dengan 1 Juli 2018, sedangkan Semarang ditunjuk sebagai lokasi MXGP of Asia seminggu kemudian, persisnya pada 6-8 Juli 2018.

Sebelum masuk ke seri MXGP of Indonesia dan MXGP of Asia yang akan digelar sebentar lagi, sejauh ini MXGP 2018 telah mempertarungkan sebanyak 11 seri dari total 20 seri dalam satu musim. Dari total 11 seri yang telah dilalui, dua pembalap Red Bull KTM Factory Racing Jeffrey Herlings dan Antonio Cairoli sangat mendominasi dan bersaiang sangat ketat di klasemen. Penampilan Jeffrey Herlings sejak awal musim memang sangat superb! Sejak seri pertama sampai ke-10 Herlings sangat rutin menjadi pemenang dan podium nggak pernah lepas dari dirinya. Herlings nggak mendapatkan poin saat bermain di MXGP of Lombardia (Ottobiano/Italia) akhir pekan lalu. Perkaranya karena Herlings nggak tampil di balapan setelah menjalani operasi tulang selangka sebelah kanan. Di sisi lain sang juara dunia MXPG 2017 Antonio Cairoli sanggup tampil impresif sehingga mengumpulkan 474 poin di klasemen. Cairoli hanya kalah 12 poin dari Herlings yang mendapatkan 486 poin dan sementara ini menempati puncak klasemen sementara.

Dengan penampilan impresif dua pembalap Red Bull KTM Factory Racing, praktis hanya Herlings dan Cairoli yang berpeluang sangat besar meraih gelar juara dunia MXGP 2018. Pasalnya perolehan poin kedua pembalap ini di klasemen sangat jauh meninggalkan lawan-lawannya. Clement Desalle yang bernaung di Kawasaki ada di tempat ketiga klasemen sementara dengan ketertinggalan mencapai lebih dari 100 poin. Begitu pula dengan Romain Febvre (Yamaha) yang berada di urutan keempat dan Gautier Paulin (Husqvarna) di posisi kelima. Selisihnya jauh bangeeett. Butuh keajaiban untuk menggagalkan kemenangan Herlings atau Cairoli di MXGP 2018.

Nah… Minggu depan MXGP mulai berlaga di Indonesia. Mudah-mudahan tersaji persaingan yang sangat ketat tanpa ada kendala seperti tahun lalu di mana track MXGP Pangkalpinang penuh dengan lumpur setelah mendapatkan guyuran hujan lebat. Imbasnya pembalap-pembalap top nggak bisa menggeber motor dengan maksimal akibat track lebih mirip sirkuit enduro ketimbang sirkuit balap motocross. Semoga kesialan tahun lalu nggak terjadi lagi tahun ini. Oh ya… Walaupun Herlings baru saja menjalani operasi dan absen di MXGP of Lombardia pekan lalu, tapi doi kemungkinan besar sudah bisa tampil di dua seri MXGP Indonesia. Wah sepertinya bakal lumayan panas nih persaingan dua pembalap dalam satu tim antara Herlings dan Cairoli ya!

Klasemen Sementara MXGP 2018 Pasca Race Seri Ke-11:

  1. Jeffrey Herlings (KTM) – 486 poin
  2. Antonio Cairoli (KTM) – 474 poin
  3. Clement Desalle (Kawasaki) – 374 poin
  4. Romain Febvre (Yamaha) – 354 poin
  5. Gautier Paulin (Husqvarna) – 334 poin
  6. Tim Gajser (Honda) – 332 poin
  7. Glen Coldenhoff (KTM) – 289 poin
  8. Jeremy Seewer (Yamaha) – 255 poin
  9. Jeremy Van Horebeek (Yamaha) – 240 poin
  10. M. Nagl (TM) – 203 poin
Advertisements