• Home »
  • Article »
  • Aprilia RX-125 – Motor Dual Sport Beraura Off Road yang Sangat Keren!

Aprilia RX-125 – Motor Dual Sport Beraura Off Road yang Sangat Keren!

Harapan Adventuriderz.com agar Aprilia mengeluarkan versi dual sport dari sosok supermoto Aprilia SX-125 yang udah dibahas di artikel sebelumnya ternyata terwujud. Namanya adalah Aprilia RX-125, dibangun dari basis mesin dan rangka yang sama persis dengan Aprilia SX-125. Itu berarti Aprilia RX-125 juga menggunakan rangka twin spar dari bahan besi, mesin 125 cc DOHC berpendingin cairan lengkap dengan sistem pembakaran injeksi dan transmisi manual 6-speed, serta suspensi depan upside down dan suspensi belakangnya pakai mono shock dengan link. Terus apa perbedaannya mas?

Paling nggak ada tiga sampai empat hal yang menjadi pembeda utama antara motor dual sport Aprilia RX-125 dengan supermoto Aprilia SX-125. Perbedaan pertama yang paling mencolok ada di ukuran velg, di mana pada versi supermoto memakai velg ring 17 inch depan-belakang sedangkan pada varian dual sport pakai velg dengan ring 18 inch di bagian belakang dan 21 inch di bagian depan. Kedua, walaupun Aprilia RX-125 tergolong sebagai motor dual sport street legal yang bisa dipakai di jalan raya, namun dia pakai ban off road tulen buatan CST yang kembangannya sangat kasar. Jadi bukan pakai ban dual purpose macam Kawasaki KLX150 atau Honda CRF150L ya. Di sisi lain varian supermoto Aprilia SX-125 memakai ban street tulen. Terus perbedaan ketiga ada di bagian cakram depan. Aprilia RX-125 yang bergaya off road dilengkapi dengan cakram depan yang lebih kecil (260 mm) tapi bentuknya bergelombang (wavy), sementara Aprilia SX-125 pakai cakram berdiameter besar (300 mm) dan tidak bergelombang. Terakhir, perbedaan ukuran velg yang dianut oleh kedua model motor itu jelas membuat final gear ratio mereka berbeda.

Overall… Penampilan motor dual sport Aprilia RX-125 keren abis, bengis, galak, jangkung, dan sangat mengintimidasi. Ban off road yang terpasang memang bikin penampilan jadi luar biasa keren. Apalagi Aprilia yang berasal dari Italia dikenal selalu mengeluarkan desain yang sangat baik, nggak terkecuali pada duet RX-125 dan SX-125. IMHO meskipun hanya mengusung kapasitas mesin 125 cc, tapi rasanya ini udah cukup banget buat main dual sport adventure di Indonesia. Toh tenaganya yang 15 HP masih lebih tinggi dibandingkan dengan Kawasaki KLX150 dan Honda CRF150L sekalipun. Namun bakal lebih baik kalau Aprilia memakai mesin 150 cc saat motor-motor ini masuk ke Indonesia nanti. Basic-nya ya pakai mesin Aprilia Tuono 150 atau Aprilia RS150. Mesin Aprilia Tuono 150 itu sama dengan mesin Aprilia RX-125 yang dinaikkan kapasitasnya. Soalnya mesin 125 cc di Indonesia kadang masih dipandang sebelah mata. Konsumen di Indonesia lebih familiar dengan mesin 150 cc ketimbang mesin 125 cc. Beda dengan Eropa yang jauh lebih familiar dengan mesin 125 cc akibat regulasi SIM yang ada di sana.

Masalahnya, berapa bandrol harga Aprilia RX-125 dan Aprilia SX-125? Konon kabarnya Aprilia melakukan kolaborasi dengan pabrikan China, Zongshen, untuk memproduksi motor ini bro… Dengan demikian kita berharap Aprilia RX-125 dan Aprilia SX-125 harganya bersahabat seandainya masuk ke Indonesia nantinya. Di Eropa sendiri Aprilia RX-125 dan Aprilia SX-125 dibandrol dengan harga yang sangat bersahabat, jauh di bawah para kompetitornya. Selisihnya mencapai Rp 16 jutaan lebih murah. Ya kita sih berharap duet dual sport dan supermoto ini dijual di angka Rp 30-40 jutaan ketika berada di Tanah Air, lengkap dengan mesin 150 cc, bukan yang 125 cc. Tapi memang kendalanya Aprilia RX-125 agak merepotkan buat off road adventure berkat bobot yang relatif berat, mencapai 135 kg. Buat dual sport adventure melewati jalan raya hingga off road ringan sih oke banget…

Advertisements