Good News: Beta Akhirnya Luncurkan Motor Enduro 200 cc 2-Stroke

Meskipun dulu hanya sekedar rumor, tapi akhirnya pabrikan asal Italia – Beta Motorcycles – meluncurkan motor 2-stroke berkapasitas kecil. Dimulai dari Beta RR 2T 125 yang diluncurkan pada tahun 2017, lalu kemudian Beta melanjutkan tren dengan merilis Beta RR 2T 200 pada tahun 2018 ini. So, sekarang ini Beta punya lineup motor enduro yang sangat komplit. Di kelas motor enduro 2-stroke ada Beta RR 2T 125, Beta RR 2T 200, Beta RR 2T 250, dan Beta RR 2T 300, sedangkan di kelas motor enduro 4-stroke terdapat Beta RR 4T, 350, Beta RR 4T 390, Beta RR 4T 430, dan Beta RR 4T 480. Total ada delapan produk!!

Sekarang kita fokus bahas produk baru Beta RR 2T 200 aja ya… Pada dasarnya Beta RR 2T 200 dibangun dari basis mesin dan sasis yang sama dengan saudara kecilnya Beta RR 2T 125. Hanya saja kapasitas mesin dinaikkan menjadi 200 cc. Makanya nggak mengherankan kalau Beta RR 2T 200 memiliki power dan torsi yang lebih bengis di berbagai rentang rpm. Namun di sisi lain versi 200 cc tetap memiliki bobot yang sangat ringan dan handling yang super lincah layaknya versi 125 cc. Satu hal lagi yang nggak kalah menarik, Beta RR 2T 200 sudah dilengkapi dengan oil injection system yang membuat proses pencampuran oli samping dan bahan bakar dilakukan secara otomatis. Nggak perlu repot-repot lagi mencampur oli samping dan bahan bakar secara manual. Selain itu, motor ini juga udah pakai sistem electric starter. Tinggal pencet tombol, maka mesin akan menyala dengan mudah…

Untuk sektor suspensi, kali ini Beta mempercayakan kepada produk asal Jerman ZF Sachs. Suspensi depan pakai model upside down berdiameter 48 mm dari ZF Sachs, sementara suspensi belakang pakai model mono shock dengan piston 46 mm juga dari ZF Sachs. Kemudian pada sistem pengereman Beta lebih memilih menggunakan produk Nissin yang notabene merek Jepang. Beta mengklaim sistem rem buatan Nissin yang terpasang pada motor enduro Beta amat sangat powerful dan dijamin kehandalannya.

IMHO agak unik juga strategi Beta. Di saat pabrikan besar macam KTM menghentikan produksi motor 200 cc 2-stroke (KTM 200 EXC), Beta malah baru mulai merintis di segmen ini. Praktis Beta RR 2T 200 nggak punya lawan yang sepadan. Pabrikan lain hanya punya 125/150 cc 2-stroke. Nggak ada yang punya 200 cc 2-stroke. Menurut rencana Beta RR 2T 200 bakal dilempar ke pasaran di Eropa dan sejumlah pasar global lainnya pada pertengahan Juni 2018. Itu berarti motor langsung tersedia di pasaran sejak pertama kali diluncurkan. Apakah mungkin masuk ke Indonesia? Peluang itu sangat terbuka. Apalagi di Indonesia, persis di Bali, ada distributor resmi Beta Motorcycles, yaitu PT Bruder Motorsport Internasional.

Yang menjadi kendala saat motor enduro Eropa berkapasitas kecil seperti ini dijual di Indonesia adalah faktor harga. Yups… Motor enduro Eropa baik yang kapasitas kecil maupun yang kapasitasnya besar harganya nggak terpaut banyak. Paling bedanya Rp 10-20 jutaan aja. Imbasnya ya banyak konsumen Indonesia yang menganut paham “nanggung”. Nanggung selisih sedikit ambil yang gede sekalian, lebih powerful, lebih puas, walaupun belum tentu bisa pakainya. Hehehe… Di sini nggak ada sistem penjenjangan kayak di Eropa. Pokoknya punya duit ya tinggal beli aja suka-suka. Ya mungkin itu salah satu alasan motor enduro bermesin kecil susah diterima oleh market Indonesia. Oh ya, kalau masuk ke Indonesia kemungkinan harga Beta RR 2T 200 bisa tembus di atas Rp 125 juta deh! Mahal kan?

Advertisements