Kawasaki KX450F Model Year 2019 Telah Dilengkapi Electric Starter

Kawasaki dikenal sebagai pabrikan yang memiliki lineup motocross yang sangat oke. Salah satu anadalan Kawasaki di ajang balap motocross adalah KX450F. Bisa dibilang KX450F merupakan motor motocross kasta tertinggi yang dimiliki oleh geng ijo. Mungkin horsepower KX450F bukanlah yang tertinggi di kelasnya. Tapi faktanya motor ini banyak disukai oleh para pembalap dan kerap menang di berbagai ajang kejuaraan lokal maupun internasional. Di ajang balap AMA Supercross Championship di Amerika Serikat misalnya, KX450F rajin banget menang lewat pembalap Eli Tomac. Terus di ajang balap FIM Motocross World Championship (MXGP), KX450F yang digeber oleh Clement Desalle juga sering mengisi podium dan nggak jarang juga bersaing memperebutkan gelar juara dunia.

Nah… Kali ini ada kabar bagus banget buat temen-temen para penggemar motocross, khususnya dengan merek Kawasaki. Pasalnya KX450F model year 2019 telah mendapatkan update yang cukup signifikan. Salah satunya KX450F generasi terbaru model year 2019 sudah dilengkapi dengan electric starter, jadi nggak perlu repot-repot lagi mancal kick starter. Memang apa yang dilakukan oleh Kawasaki ini agak telat kalau dibandingkan dengan pabrikan-pabrikan lain. KTM dan Husqvarna menjadi pabrikan yang paling awal memberikan electric starter di varian motocross. Lalu Yamaha dan Honda juga udah pasang electric starter di YZ450F dan CRF450R. Tapi nggak masalah deh. Lebih baik telat daripada nggak sama sekali.

Selain dilengkapi dengan electric starter, KX450F model year 2019 mendapatkan sejumlah update seperti kopling hidrolis yang tarikan tuasnya lebih enteng dan memberikan feeling lebih baik kepada rider, power mesin lebih besar 3,4 HP dibandingkan dengan motor generasi sebelumnya, sasis di-tweak biar traksi ban belakang dan ban depan menjadi lebih baik, ada launch control, suspensi depan tetap menggunakan Showa berdiameter 49 mm, suspensi belakang Showa mono shock dengan link Uni-Trak khas Kawasaki, dan bodywork yang benar-benar baru sehingga body terlihat lebih ringkas.

Selama ini Kawasaki nggak banyak bertarung membalap di ajang balap enduro dan cross-country, baik itu di tingkat lokal maupun internasional. Coba deh cek kompetisi hard enduro, classic enduro, cross-country, beach race, atau rally… Sangat sulit menemukan rider yang pakai motor Kawasaki. Soalnya Kawasaki memang nggak punya lineup motor enduro tulen yang siap balap. Mesin terkuat geng ijo hanyalah di motocross KX250F dan KX450F. Tapi dengan kehadiran KX450F terbaru kemungkinan bisa mendorong lebih banyak rider menggunakan motor Kawasaki di ajang balap enduro ataupun hanya sekedar untuk fun off road. Lha kenapa mas? Ya electric starter jelas menjadi fitur yang amat sangat berguna bagi para penggemar enduro. Tanpa ada electric starter pasti para rider berpikir keras ketika menggunakan motor di medan enduro. Sekarang udah ada, tinggal pencet tombol langsung greeeng… Mesin nyala! Apalagi KX450F model year 2019 udah pakai kopling hidrolis. Tambah josss! Kalau mau pakai motor ini buat enduro/off road tinggal pasang tangki bahan bakar yang lebih gede, ubah final gear ratio, dan yang nggak kalah penting mengganti ban belakang yang berdiameter 19 inch menjadi 18 inch. Semua komponen itu banyak disediakan oleh pabrikan aftermarket. Perlu tambahan lampu-lampu buat off road di malam hari? Oh itu juga banyak kok brand-brand aftermarket yang jualan.

Adventuriderz.com cukup yakin KX450F model year 2019 bakal masuk ke Indonesia. Salah satu dealer yang rutin jualan motor spesial kayak ini adalah Kawasaki Greentech yang markasnya ada di Pekanbaru. Mungkin Kawasaki Motor Indonesia (KMI) yang menjadi ATPM Kawasaki di Indonesia nggak declare jualan KX450F. Bahkan di website KMI juga nggak ada. Tapi di Kawasaki Greentech sering nongol barang-barang ajaib yang nggak ada di website KMI. Contohnya ya KX450F hingga KLX450R. Soal harga belum bisa ngomong deh. Ancer-ancernya pasti di atas Rp 100 juta tapi masih di bawah Rp 150 juta ya…

Motor motocross Kawasaki KX450F di-setup ala motor enduro

Advertisements