• Home »
  • Article »
  • Motor Off Road Tulen New KLX Terdistribusi 262 Unit Dalam Lima Bulan

Motor Off Road Tulen New KLX Terdistribusi 262 Unit Dalam Lima Bulan

Tahun 2017 yang lalu Kawasaki Motor Indonesia (KMI) meluncurkan varian motor trail baru bernama New KLX. Beda dengan KLX150 yang tergolong sebagai motor trail dual sport (street legal), New KLX yang di luar negeri dikenal pula dengan sebutan KLX140G itu adalah motor off road tulen. Artinya New KLX cuma bisa dipakai off road, nggak bisa dipakai di jalan raya, dan spesifikasinya memang disiapkan khusus buat para penggemar off road. Basis mesin memang sama dengan KLX150, tapi konon kabarnya New KLX punya gear box yang berbeda, suspensi beda, final gear ratio beda, pakai karburator skep yang lebih responsif, dan pastinya pakai ban off road tulen di mana konsumen nggak perlu lagi mengganti ban kalau pengen menggunakan motor buat off road. Terus bagaimana angka distribusi New KLX? Apakah tergolong sukses?

Kalau dibandingkan dengan KLX150, angka distribusi New KLX memang kalah jauh. Menurut data Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia (AISI), sepanjang lima bulan pertama (Januari-Mei) 2018 New KLX terkirim dari pabrik ke dealer sebanyak 262 unit. Misal dirata-rata sekitar 52-53 unit per bulan. Ini jelas bukan angka yang besar. Tapi tergolong lumayan untuk motor yang sangat spesifik peminatnya. Bukan rahasia lagi konsumen yang membeli New KLX berasal dari kalangan penggemar off road. Apalagi harga New KLX nggak bisa dibilang murah. Malah yang paling mahal dibandingkan lineup KLX yang lain. Motor ini dibandrol Rp 36 jutaan off the road. Ya namanya motor off road murni ya dijual tanpa surat-surat.

Sebagai perbandingan, motor trail dual sport KLX150 yang tersedia dalam empat varian (KLX150, KLX150 BF, KLX150 BF SE, KLX150 BF SE Extreme) terdistribusi sebanyak 17.119 unit sejak Januari sampai Mei 2018. Rata-rata sekitar 3.400-an unit per bulan. Ya memang jauh banget di atas New KLX. Setidaknya kita bisa mengapresiasi langkah Kawasaki yang menyediakan berbagai varian motor dengan sangat lengkap kepada konsumen. Mau pilih motor multifungsi ya ambil KLX150 series yang ada surat-suratnya, sedangkan kalau mau ambil motor buat off road doang bisa ambil New KLX.

Advertisements