Hot News: Motor Sherco Bakal Dirakit di Indonesia

Temen-temen sekalian… Ada kabar hot nih buat kalian para penggemar dirt bike Eropa. Memang kenapa mas? Yups, info yang terakhir Adventuriderz.com dapatkan yang bisa jadi 99% valid, menyebutkan bahwa brand dirt bike asal Perancis, Sherco, akan merakit produknya di Indonesia. Sepertinya ini menjadi sinyal yang sangat serius dari Sherco dalam bermain di segmen dirt bike premium di Tanah Air, sekaligus biar kompetitif melawan KTM dan Husqvarna.

Sebenarnya rencana Sherco yang akan merakit produknya di Indonesia ini bukan berita baru. Lebih dari setahun yang lalu Adventuriderz.com sempat menghembuskan kabar ini. Tapi baru di tahun 2018 ini kabar tersebut ada progres yang sangat signifikan, bahkan bisa dikatakan 99% jadi. Memang apa untungnya buat konsumen kalau produk Sherco dirakit di Indonesia? Secara umum komponen motor Sherco yang dirakit di Indonesia masih didatangkan dari Perancis. Cuma masuk ke sini secara terurai (CKD), baru kemudian dirakit menjadi motor utuh di Indonesia. Bukan rahasia lagi impor produk CKD pajaknya nggak setinggi produk utuh (CBU). Lalu sejumlah komponen seperti ban sangat mungkin menggunakan produk buatan dalam negeri. Imbasnya ya bisa jadi menekan harga jual, meskipun kita nggak boleh berharap terlalu banyak. Mau bagaimanapun Sherco adalah Sherco, brand motor asal Eropa yang masuk kategori brand dirt bike premium. Sulit membuat produk Sherco berharga di bawah Rp 100 jeti. Tapi paling nggak produk Sherco bisa sangat kompetitif dibandingkan dengan produk Eropa lain yang didatangkan secara CBU.

Ada yang penasaran motor Sherco bakal dirakit di mana? Oke… Adventuriderz.com kasih clue ya. Menurut rencana Sherco Indonesia berkolaborasi dengan salah satu brand motor lokal di Indonesia. Brand motor lokal ini punya pabrik yang cukup besar. Di pabrik itu pula aneka macam motor enduro dan trial milik Sherco bakal dirakit. ¬†Pengumuman resmi mengenai kolaborasi Sherco dan brand lokal ini akan dilakukan nggak lama lagi. Mungkin sekitar tiga bulanan lagi lah Wah sepertinya Sherco cukup ambisius ya. Sampai-sampai nekat rakit produknya di Indonesia. Mantaaaap!

Advertisements