Sedaaaaap… Honda Persiapkan Supermoto dari Basis CRF150L!

Temen-temen sekalian… Astra Honda Motor (AHM) sepertinya sedang mempersiapkan produk baru yang merupakan diversifikasi dari motor dual sport CRF150L. Kode produk baru ini adalah Honda K84F. Memang ini diyakini sebagai diversifikasi dari CRF150L karena CRF150L yang udah dirilis sejak November 2017 itu sendiri punya kode produk Honda K84A. Memang masih belum cukup jelas Honda K84F nanti mengusung genre apa. Apakah motor enduro tulen, versi rally, atau malah supermoto. Tapi kalau melihat tren dan permintaan yang ada sekarang, kecenderungannya mengarah ke supermoto 150 cc yang tentu saja menjadi lawan serius bagi Kawasaki D-Tracker!

Konsep motor supermoto sebenarnya udah pernah dipamerkan oleh AHM saat launching CRF150L tahun lalu. Memang nggak terlalu banyak perbedaan antara CRF150L dengan konsep supermoto tersebut. Perbedaan yang paling mencolok ada di sektor ban, di mana versi supermoto menggunakan ban tapak lebar berdiameter 17 inch baik di bagian depan maupun belakang. Selebihnya sama persis. Frame, mesin, suspensi, bodywork, dan lain-lain dipastikan sama pleeeek… Jadi bisa dibilang konsep supermoto yang pernah dipamerkan oleh AHM cuma sebatas CRF150L yang diganti bannya. Tapi itu kan versi konsep ya… Gimana kalau AHM beneran bikin supermoto untuk diproduksi massal? Apakah bakal punya penampilan yang sama?

Kalau misal AHM bikin supermoto, kemungkinan namanya adalah CRF150M, sesuai dengan standar penamaan global dari Honda. Yang pasti CRF150M bakal mengusung mesin, frame, dan suspensi yang sama dengan CRF150L. Keduanya bakal saling common part lah… Cuma untuk bodywork masih susah diprediksi bro… Bisa saja CRF150M mengusung desain bodywork yang identik dengan CRF150L alias mirip versi konsepnya. Tapi bisa juga CRF150M pakai bodywork yang berbeda. Contoh Kawasaki D-Tracker memakai desain bodywork yang agak berbeda dari Kawasaki KLX150. Padahal keduanya menggunakan basis mesin, frame, dan suspensi yang sama.

Hmmm… Rasanya memang cukup seru jika AHM meluncurkan CRF150M. Paling nggak biar CRF150L nggak bertarung sendirian di market dual sport – supermoto. Terus kapan diluncurkan? Belum ada info yang cukup jelas. Namun tahun ini masih ada dua gelaran pameran otomotif kenamaan di Indonesia. Pertama adalah Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2018, dan yang kedua adalah Indonesia Motorcycles Show (IMOS) 2018. Mungkin CRF150M bakal diluncurkan di salah satu pameran itu. Tapi bisa juga nggak… Soalnya lumayan susah juga sih menebak pergerakan dari AHM.

Advertisements