• Home »
  • Article »
  • Boano Sediakan Motor Enduro Beta Six Days Chile dengan Suspensi Ohlins!

Boano Sediakan Motor Enduro Beta Six Days Chile dengan Suspensi Ohlins!

Yups… Pada tahun 2018 ini gelaran International Six Days Enduro (ISDE) akan digelar di Chile. Makanya nggak mengherankan jika sejumlah pabrikan motor enduro mengeluarkan varian Six Days pada deretan motor enduro model year 2019 mereka. KTM menjadi pabrikan pertama yang mengeluarkan motor enduro edisi Six Days Chile. Namun langkah itu kemudian diikuti oleh pabrikan motor enduro yang berbasis di Italia, Beta Motorcycles. Seperti apa penampilannya?

Memang Beta Motorcycles nggak mengeluarkan motor enduro edisi spesial Six Days Chile secara official. Yang menawarkan varian Six Days ini justru salah satu jaringan dealer Beta di Italia yang sekaligus memiliki tim balap, yaitu Boano Beta Racing. Melalui divisi Boano Race Parts, Boano Racing menyediakan motor enduro Beta RR model year 2019 dengan edisi spesial Six Days Chile. Hampir semua varian motor enduro Beta RR series ada versi Six Days-nya. Mulai dari yang 2-stroke Beta RR 2T 125, Beta RR 2T 250, dan Beta RR 2T 300 hingga varian 4-stroke seperti Beta RR 4T 350, Beta RR 4T 390, Beta RR 4T 430, dan Beta RR 4T 480 ada semua. Satu motor yang nggak ada versi Six Days adalah motor enduro 2-stroke paling baru Beta RR 2T 200 karena Beta Motorcycles memang belum mendistribusikan ke jaringan dealer.

Jadi bisa dibilang Beta RR Six Days Chile adalah motor custom yang dibuat oleh Boano Race Parts. Basic-nya ya berasal dari sejumlah motor Beta RR yang udah disebutkan di atas, cuma sejumlah komponen diganti dengan yang lebih bagus dan ditambah sejumlah komponen penunjang lainnya. Suspensi misalnya, dari yang standarnya Sach ZF diganti dengan salah satu suspensi terbaik di dunia, Ohlins TTX. Boano Race Parts juga nggak mengganti suspensi Beta RR dengan Ohlins TTX depan-belakang secara mentah-mentah, karena teknisi Boano menyesuaikan settingan dan spring suspensi agar cocok dipakai oleh rider ketika berada di medan enduro.

Perubahan yang paling mencolok dan paling mahal sih memang di sektor suspensi tadi. Tapi sebenarnya masih ada sejumlah ubahan atau tambahan komponen yang terpasang pada Beta RR Six Days Chile model year 2019, antara lain warna grafis diubah ala ISDE 2018, warna jok juga serupa warna yang dipakai di ISDE 2018, hand grip merek Circuit, hand guard dari bahan karbon merek Circuit, pelindung cakram belakang dari Boano Race Parts, skid plate Boano Race Parts, pelindung radiator Boano Race Parts, sprocket belakang dari bahan baja produksi Boano Race Parts, pelindung sprocket depan Boano Race Parts, pelindung kopling dari Boano Race parts, pelindung leher knalpot 2-stroke berbahan karbon, selang radiator buatan Boano Race Parts, dan khusus motor 4-stroke mendapatkan CDI dengan fitur traction control. Itu belum termasuk berbagai komponen lain yang bisa dipasang secara custom sesuai dengan permintaan konsumen seperti footpegs yang berbeda, knalpot full system merek ternama, kipas radiator yang lebih bagus, dan lain-lain selama barang-barang itu masuk di katalog Beta Race Parts.

Overall penampilan Beta RR Six Days Chile model year 2019 memang keren abis. Sejumlah komponen yang dipasang juga nggak sembarangan. Semuanya barang-barang bagus yang sangat berguna di lintasan off road, terutama suspensinya yang mewah banget. Tapi apakah bakal masuk ke Indonesia? Di sini memang ada distributor resmi Beta Motorcycles. Namun sayangnya Beta RR Six Days Chile merupakan motor custom dari Boano Race Parts, salah satu divisi dari Boano Racing asal Italia. Jadi hampir bisa dipastikan motor-motor ini nggak masuk ke Tanah Air. Apalagi motor-motor Beta RR Six Days Chile model year 2019 baru dibikin oleh Boano secara handmade ketika ada pesanan.

Advertisements