• Home »
  • Article »
  • Alta Redshift EXR – Motor Enduro Elektrik yang Legal Dipakai di Jalan Raya

Alta Redshift EXR – Motor Enduro Elektrik yang Legal Dipakai di Jalan Raya

Pabrikan asal Amerika Serikat, Alta Motors, sepertinya semakin serius dalam mengembangkan produk motor trail dengan mesin elektrik. Setelah sukses meluncurkan motor tipe motocross Alta Redshift MX dan supermoto Alta Redshift SM, kini Alta Motors terjun di segmen motor enduro dengan merilis Alta Redshift EXR. Soal desain, nggak ada perbedaan yang mencolok antara Redshift EXR dengan Redshift MX yang sudah keluar lebih dahulu. Desain keduanya sama-sama keren dan meyakinkan. Perbedaan yang paling mencolok adalah Redshift EXR telah dilengkapi dengan headlight, taillight, turn light, rear fender besar yang sekaligus berfungsi sebagai plate holder, mirror, dan hand guard. Melihat penampilannya, bisa dipastikan Redshift EXR merupakan motor enduro yang legal dipakai di jalan raya. Asyik juga kan punya satu motor yang bisa dipakai di dua alam sekaligus? Mau dipakai buat off road di hutan oke, mau dipakai di jalan raya pun nggak masalah. Nggak perlu takut ditilang polisi!

Bisa dibilang Redshift EXR adalah motor yang cukup premium. Temen-temen bisa lihat sejumlah komponen yang terpasang tergolong sebagai brand-brand premium di kalangan dirt bike. Sebut saja suspensi depan menggunakan WP XPlor 48, suspensi belakang juga dari WP yang di-custom oleh Alta Motors, velg merek Warp9 Elite, ban Metzeler 6 Days, disc brake dari Warp9, kaliper rem buatan Brembo, dan hand guard Cycra Stealth. Itu belum termasuk sasis yang sangat ringan terpasang pada Redshift EXR. Bobot total motor mungkin nggak bisa dibilang ringan untuk ukuran motor enduro karena mencapai 124 kg. Tapi angka itu sudah tergolong lumayan mengingat baterai yang tertanam berkapasitas sangat besar dan memiliki power tinggi.

Alta Motors mengklaim Redshift EXR sanggup memuntahkan power sebesar 50 HP. Kurang lebih angka itu setara dengan motor enduro bermesin konvensional 350-450 cc 4T atau 250-300 cc 2T. Kemudian torsinya juga sangat fantastis mencapai 56 Nm. Untuk top speed-nya sendiri diklaim tembus 114 km/jam. Satu hal lagi yang cukup menarik dari Redshift EXR adalah kecepatan charging baterai sangat singkat. Jika baterai di-charge menggunakan listrik 240 volt hanya perlu waktu 1,5 jam untuk mengisi dari kosong hingga penuh, sedangkan kalau pakai listrik 120 volt membutuhkan waktu yang lebih lama yaitu 3 jam.

Di Amerika Serikat sana harga Redshift EXR sebagai motor elektrik sebenarnya nggak begitu menyeramkan. Kurang lebih harganya agak-agak berimbang dengan motor enduro konvensional bermesin 450-500 cc 4T street legal. Angkanya sekitar US$ 12.495 dan jika dirupiahkan menjadi Rp 180 jutaan. Sayangnya sejauh ini belum ada perusahaan yang mau menjadi distributor resmi Alta Motors di Indonesia karena memang peminat motor elektrik di sini masih ngeri-ngeri sedap. Apalagi kalau harganya mencapai ratusan juta. Pasti mikirnya pun harus dengan sangat cermat.

Advertisements