• Home »
  • Article »
  • Jika Trail Suzuki Pakai Mesin SOHC Harganya Rp 25 Jutaan, Kalau DOHC Rp 30 Jutaan

Jika Trail Suzuki Pakai Mesin SOHC Harganya Rp 25 Jutaan, Kalau DOHC Rp 30 Jutaan

Persaingan di segmen motor trail entry level diyakini akan sangat panas ke depan… Sekarang pemainnya baru ada dua, yaitu Kawasaki dengan motor andalan KLX150 dan Honda lewat CRF150L. Tapi di masa depan dua brand Jepang lainnya seperti Yamaha dan Suzuki hampir bisa dipastikan bakal ikut bertarung di segmen yang sama. Yamaha kemungkinan besar akan mengeluarkan WR150R dengan mesin SOHC 4V berpendingin cairan seperti yang terpasang pada motor V-Ixion, YZF-R15, Xabre, dan MX-King. Terus gimana dengan Suzuki?

Beberapa hari yang lalu Adventuriderz.com sempat bertemu dan berbincang-bincang dengan salah seorang blogger kondang di Tanah Air. Doi pula ini menjadi salah satu blogger yang diundang oleh Suzuki ke Jepang. Dari informasi doi, Suzuki sekarang sedang pusing mempertimbangkan mesin apa yang akan dipakai di motor trailnya untuk memberikan perlawanan kepada KLX150 dan CRF150L. Pilihannya masih belum final… Jadi Suzuki masih mempelajari apakah bakal menggunakan mesin SOHC 2V berpendingin udara atau malah sekalian pakai mesin DOHC 4V berpendingin cairan.

Lah kenapa mesti bingung mas? Konon kabarnya, jika Suzuki menggunakan mesin SOHC 2V berpendingin udara, harga motor trailnya itu bisa dibandrol sangat terjangkau. Jauh lebih murah ketimbang KLX150 dan CRF150L yang sama-sama pakai mesin SOHC 2V berpendingin udara. Bahkan nggak tanggung-tanggung Suzuki mematok harga di angka Rp 25-26 juta kalau pakai mesin SOHC. Gurih banget kan? Kemudian kalau pakai mesin DOHC, bisa dipastikan basic mesin yang dipakai adalah milik trio Satria F150, GSX-R150, GSX-S150 yang punya power nggilani. Malah bisa jadi yang paling besar di kelasnya. Tentu mesin DOHC itu di-tuning ulang biar karakternya cocok ketika dijejalkan di motor trail yang galak di putaran bawah. Gilanya, misal Suzuki merilis trail dengan mesin DOHC bandrol harganya manteng di angka sekitar Rp 30-32 juta alias sekelas dengan KLX150 BF dan CRF150L!!

Nah di situlah kebingungan dan kebimbangan Suzuki dipertaruhkan bro… Suzuki masih galau, apakah akan meracik motor trail dengan mesin setara KLX150 dan CRF150L namun dengan bandrol harga jauh lebih murah atau justru sekalian meracik motor trail dengan mesin DOHC yang jelas-jelas jauh lebih powerful tapi dengan bandrol harga setara dengan KLX150 dan CRF150L sekarang. Temen-temen sendiri gimana? Pilih mesin SOHC Rp 25 jutaan atau DOHC Rp 30 jutaan? Namun pilihan manapun yang dijatuhkan, temen-temen mesti sabar. Soalnya trail Suzuki nggak akan keluar dalam waktu dekat. Paling cepat tahun 2019, dan bukan mustahil bisa molor ke 2020.

Advertisements