• Home »
  • Article »
  • AHM Rilis Africa Twin Adventure Sports, Forza, & Super Cub C125 di GIIAS 2018

AHM Rilis Africa Twin Adventure Sports, Forza, & Super Cub C125 di GIIAS 2018

Yeaah… Pada hari Jumat (4/8/2018) kemarin Adventuriderz.com mendapatkan undangan dari PT Astra Honda Motor (AHM) dan PT Tunas Dwipa Matra (TDM) – main dealer motor Honda di Lampung – untuk menghadiri peluncuran produk baru dari Honda sekaligus melihat booth Honda di ajang pameran otomotif terbesar di Tanah Air, Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2018. Asyiknya, Honda nggak tanggung-tanggung dalam merilis produk baru. Total ada tiga produk baru yang diluncurkan dan semuanya masuk kategori motor premium!! Apa saja mereka?

Di segmen big bike, Honda memperkenalkan motor petualang baru yang diberi nama CRF1000L Africa Twin Adventure Sports. Bisa dibilang ini adalah pengembangan dari CRF1000L Africa Twin yang sudah diluncurkan di pasar global maupun di Indonesia sejak beberapa tahun yang lalu. Dari pengamatan Adventuriderz.com dan informasi dari Pak Hendro (AHM), cukup banyak perbedaan antara CRF1000L Africa Twin Adventure Sports dengan CRF1000L Africa Twin standar. Mengenai perbedaannya apa saja nanti kita bahas secara detail di artikel terpisah. Intinya, CRF1000L Africa Twin Adventure Sports merupakan motor yang sudah sangat siap dipakai berpetualang jarak jauh berkat kapasitas tangki bahan bakar yang jauh lebih besar, ada pannier box, dan sejumlah perlengkapan penunjang petualang lainnya yang sudah terpasang dengan manis sejak motor keluar dari pabrik. Jadi rasanya nggak perlu menambah perlengkapan tambahan buat berpetualang jarak jauh bahkan keliling dunia karena semuanya sudah ada di CRF1000L Africa Twin Adventure Sports.

Sekedar informasi buat temen-temen nih ya… Berbeda dengan CRF1000L Africa Twin standar yang tersedia dalam dua pilihan transmisi: manual 6-speed dan dual clutch transmission (DCT), CRF1000L Africa Twin Adventure Sports hanya tersedia dalam satu pilihan sistem transmisi, yaitu DCT. Ini sekaligus membuat CRF1000L Africa Twin menjadi motor penjelajah paling mahal yang dijual oleh AHM di Indonesia. Memang berapa harganya mas? Nah, CRF1000L Africa Twin Adventure Sports ini bisa ditebus dengan harga sekitar Rp 585 juta OTR Jakarta. Mahal? Itu sih pasti… Soalnya CRF1000L Africa Twin Adventure Sports merupakan motor CBU dari Jepang dan temen-temen juga tahu sendiri motor dengan mesin besar seperti ini kena PPN BM 125%!!! Oh ya, CRF1000L Africa Twin Adventure Sports hanya bisa didapatkan di 10 showroom Honda Big Wing Dealer yang tersebar di Jakarta, Bandung, Semarang, Yogyakarta, Surabaya, Denpasar, Makassar, Medan, dan Balikpapan.

Selain meluncurkan CRF1000L Africa Twin Adventure Sports, di GIIAS 2018 Honda juga memboyong Forza 250 yang merupakan skuter bermesin 250 cc dan motor klasik dengan desain sangat legendaris Super Cub C125. Nggak diragukan lagi Forza akan mengisi segmen skuter 250 cc yang sekarang dikuasai oleh pabrikan sebelah. Desain Forza 250 bisa dibilang sangat keren dan futuristis dengan lekukan-lekukan body yang tajam. Gimana dengan fiturnya? Udah jangan tanya lagi, fitur Forza 250 jelas keren abis, mulai dari kunci model keyless (Honda Smart Key System), windscreen yang bisa di-adjust secara elektrik, ada konsol box yang dilengkapi dengan charger untuk HP ataupun gadget lain, seluruh lampu menggunakan LED, ada traction control (Honda Selectable Torque Control), konsol speedometer yang sangat keren, hingga sistem rem ABS. Nggak heran sih kalau akhirnya skuter mevvah ini dibandrol dengan harga lumayan, Rp 70 juta OTR Jakarta!

Kemudian Super Cub C125 bakal mengisi segmen motor klasik yang peminatnya semakin besar. Apalagi desain Super Cub C125 benar-benar sangat jadul, banyak terinspirasi dari Super Cub C100 yang pertama kali diperkenalkan pada tahun 1958. Walaupun desainnya jadul banget, tapi faktanya Super Cub C125 punya sejumlah fitur canggih. Sebut saja semua lampu menggunakan LED, sistem pembuka jok sudah pakai elektrik, keyless (Honda Smart Key System), serta konsol speedometer gabungan antara tampilan analog dan digital. Harganya mas? Rp 55 juta OTR Jakarta. Di luar harga yang relatif mahal, Super Cub C125 memang seru buat nostalgia maupun buat mejeng di cafe meskipun nggak bisa buat bonceng cewek karena joknya single. Hehehe…

Advertisements