Viar Perkenalkan Cross X 250 SF Frame Aluminium di GIIAS 2018

Walaupun persaingan di segmen motor trail semakin ketat dan keras, rupanya tidak membuat brand motor lokal yang berbasis di Semarang, Viar Motor Indonesia, patah semangat. Viar justru masih tetap rajin mengeluarkan produk baru untuk menggaet para penggemar off road. Sebelumnya Viar sudah punya banyak produk motor trail, mulai dari Cross X 70 MT, Cross X 100 MT, Cross X 150 SF, Cross X 150, Cross X 200 GT, Cross X 200 ES, Cross X 250 ES, hingga Cross X 250 EC. Di Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2018 Viar kembali menambah satu produk motor trail. Kali ini adalah produk motor trail flagship alias kasta tertinggi yang diberi nama Cross X 250 SF. Apa yang menarik dari motor ini?

Kebetulan Adventuriderz.com sempat mampir di booth Viar yang ada di GIIAS 2018 pada tanggal 3 Agustus 2018 yang lalu. Di sana Adventuriderz.com melihat langsung sosok Cross X 250 SF sekaligus berbincang-bincang dengan Marketing Communications Viar Motor Indonesia Mas Frengky Osmond. Dari penampilannya, Cross X 250 SF memang tampak gagah banget, tanpa lampu-lampu, dan pastinya sudah sangat siap dipakai buat bermain off road maupun cross. Menurut Mas Frengky, Cross X 250 SF ini sudah menggunakan frame dan swing arm yang semuanya terbuat dari bahan aluminium. Nggak heran kalau bobot Cross X 250 SF sangat ringan… Jauh lebih ringan daripada Cross X 250 ES meskipun keduanya menggunakan desain frame yang sama. Mengintip dari spesifikasi yang ada di depan motor, Cross X 250 SF bobotnya hanya 110 kg. Itu berarti motor ini lebih ringan 10 kg daripada Cross X 250 ES. Josss!!

Keunggulan lainnya adalah Cross X 250 SF menggunakan suspensi yang lebih baik dibandingkan dengan Cross X 250 ES dan Cross X 250 EC. Kalau Cross X 250 ES dan Cross X 250 EC suspensinya tanpa merek, Cross X 250 SF pakai suspensi Fastace. Kemudian frame sudah dipasangi protektor untuk menghindari goresan ketika bergesekan dengan boots, kulit jok dari Mojo Racing, triple clamps CNC, dual muffler, dan lain-lain. Untuk ban sih masih sama dengan varian Cross X lainnya, Cross X 250 SF dibekali ban IRC Motocross. Bukan ban terbaik, tapi sudah cukup lumayan dipakai di jalur off road maupun lintasan motocross.

Mengenai mesin, memang nggak ada perbedaan yang signifikan antara Cross X 250 SF dengan Cross X 250 ES dan Cross X 250 EC. Ketiganya menggunakan satu mesin yang sama berkapasitas 249,6 cc SOHC berpendingin cairan yang mampu memuntahkan tenaga sekitar 25,5 HP plus torsi 23 Nm. Meskipun spec mesin sama, tapi Cross X 250 SF bisa dipastikan memiliki tendangan mesin yang lebih baik daripada dua produk pendahulunya. Kenapa? Ya karena bobot Cross X 250 SF lebih ringan yang berimbas pada power-to-weight ratio (PWR) dan torque-to-weight ratio (TWR) yang lebih besar.

Menurut informasi dari Mas Frengky, dengan berbagai keunggulan yang dimiliki, Cross X 250 SF terpaksa dibandrol dengan harga yang lebih mahal. Di Jakarta Cross X 250 SF dijual dengan harga Rp 56 juta off the road. Walaupun harganya sudah di atas Rp 50 juta, tapi IMHO harga yang diberikan oleh Viar sangat menggoda. Kompetitor Viar baik dari brand lokal maupun brand luar negeri yang sama-sama menggunakan basis mesin Zongshen NC250 plus frame aluminium rata-rata membandrol motor mereka dengan harga Rp 65-75 juta. Jadi Cross X 250 SF ini adalah motor trail dengan frame aluminium paling murah di kelasnya!

Advertisements