Harga Yamaha YZ450FX di Tanah Air Ternyata Cukup Fantastis!!

Dr. No Offroad Industries (PT El Rhino Global) yang menjadi distributor resmi dirt bike Yamaha di Indonesia pada tahun ini memasukkan sejumlah lineup baru. Salah satu produk baru yang masuk ke Tanah Air adalah Yamaha YZ450FX. Bisa dibilang ini adalah motor enduro cross-country kasta tertinggi yang dimiliki oleh Yamaha setelah YZ125X, YZ250X, dan YZ250FX. Apalagi YZ450FX dikembangkan dari basis sebuah motor motocross YZ450F yang jelas-jelas punya bobot yang enteng dan punya mesin yang sangat powerful. Tapi sialnya, Dr. No Offroad Industries membandrol YZ450FX dengan bandrol yang sangat fantastis. Memang berapa mas?

Perlu temen-temen ketahui, YZ450FX yang masuk ke Indonesia adalah generasi terbaru model year 2019. Motor ini sudah dilengkapi dengan sejumlah fitur yang tergolong canggih. Sebut saja electric starter yang sangat memudahkan rider ketika bermain off road, sistem pembakaran injeksi dengan throttle body 44 mm dari Mikuni, frame twin spar dari bahan aluminium yang rigid dan ringan, ada engine mapping yang bisa dipilih melalui saklar di handlebar, tangki bahan bakar berkapasitas besar, hingga ban belakang berukuran 18 inch agar cocok dipakai di lintasan enduro. Masih belum puas? YZ450FX model year 2019 dibekali oleh fitur Yamaha Power Tuner App. Fungsinya buat apa mas? Jadi dengan fitur itu, rider maupun teknisi bisa melakukan setting bahan bakar dan pengapian motor dengan amat sangat mudah melalui ponsel pintar. Antara motor dengan ponsel pintar ini bisa saling terhubung melalui koneksi Wi-Fi lho!! Canggih kan??

Satu hal yang jadi masalah adalah mengenai harga. Kalau biasanya Dr. No Offroad Industries membandrol motor Yamaha YZ series dengan harga yang sangat manis, maka hal itu nggak berlaku bagi YZ450FX. Nggak tanggung-tanggung, YZ450FX di Indonesia dibandrol dengan harga Rp 155 juta off the road. Itu berarti pula harga YZ450FX lebih mahal 58 persen daripada adiknya YZ250FX. Untuk temen-temen ketahui, harga YZ250FX model year 2019 saat tulisan ini dibuat berada di angka Rp 98-99 juta off the road. Padahal sebelumnya Adventuriderz.com menduga harga YZ450FX nggak akan berada jauh di atas YZ250FX. Tapi ternyata dugaan itu salah total. Hehehe…. Dengan bandrol di atas Rp 150 juta, praktis YZ450FX akan berhadapan langsung dengan lineup motor enduro Eropa macam KTM, Husky, dan Sherco.

Advertisements