• Home »
  • Article »
  • Viar Cross X 250 ES & Cross X 250 EC Bekas Banyak Diburu Para Offroader!

Viar Cross X 250 ES & Cross X 250 EC Bekas Banyak Diburu Para Offroader!

Ini pengalaman di sekitar Adventuriderz.com sendiri… Yups, nggak sedikit dari teman-teman penggila off road (offroader) memburu motor trail andalan Viar, yaitu Cross X 250 ES dan Cross X 250 EC dalam kondisi bekas. Walaah… Kenapa mesti memilih barang bekas? Kenapa nggak beli unit baru di dealer sekalian? Tentu banyak alasan dan pertimbangan yang mesti diperhitungkan yang menyebabkan Cross X 250 ES dan Cross X 250 EC bekas justru lebih menarik ketimbang unit baru.

Sejauh ini ada beberapa teman offroader yang sudah membeli Cross X 250 ES/EC bekas dan masih ada beberapa teman lainnya yang sedang mempertimbangkan untuk membeli motor tersebut dalam kondisi bekas. Umumnya mereka yang beli adalah rider yang pengen naik kelas dari motor 150 cc. Mesin 150 cc sudah dianggap kurang mumpuni terutama untuk melibas hill climb yang sangat ugal-ugalan tingginya di banyak event off road adventure. Di sisi lain tenaga Cross X 250 ES/EC sudah sangat mumpuni dalam melibas tanjakan-tanjakan super ekstrem tersebut.

Alasan berikutnya adalah soal harga… Saat ini Cross X 250 ES/EC baru dibandrol lebih dari Rp 40 jeti off the road (di Lampung). Asyiknya, Cross X 250 ES/EC bekas harganya lumayan terjun bebas. Untuk motor keluaran tahun 2017, harga bekas Cross X 250 ES/EC cukup variatif. Ada yang menjual Rp 32 juta, ada yang pasang harga Rp 28 juta, atau hanya Rp 26 juta. Bahkan kalau beruntung teman-teman bisa dapat harga yang lebih joossss lagi. Sebagai contoh salah seorang rekan kemarin baru saja beli Cross X 250 ES lansiran tahun 2017 dengan bandrol harga Rp 24 juta dari Depok (belum termasuk ongkir). Jelas angka itu amat sangat menggoda. Kondisi motor masih mulus, mesin masih sangat oke, suspensi dan kaki-kaki juga normal semua. PR-nya paling-paling hanya perlu ganti ban dan setting ulang suspensi. Kalau pakai ban entry level macam Corsa nggak habis Rp 800.000, sedangkan setting ulang suspensi diperkirakan habis Rp 1,5 – 2 juta. Ya kalau mau retouch ini itu sesuai keinginan kita, yakin deh nggak habis Rp 5 juta motor udah cakeeep abisss…

So, kenapa kok Cross X 250 ES/EC bekas sangat menarik untuk dipinang? Karena dengan duit kurang lebih Rp 30 juta kita bisa dapat motor yang powerful dan sangat siap melibas kondisi medan off road yang ekstrem sekalipun. Mau nanjak hill climb pakai gigi 2 mah eces aja buat Cross X 250 ES/EC… Motor macam KLX150 atau CRF150L jelas ketinggalan jauh… Terus kenapa Cross X 250 ES/EC baru nggak menarik mas? Harganya udah lumayan mahal. Toh yang bekas pun banyak yang masih mulus dan kondisi bagus tapi harga amat sangat menarik!

Advertisements