Trail Yamaha Diprediksi Pakai Mesin 155 cc VVA, Kapan Dirilis??

Setelah Kawasaki dan Honda, Yamaha akan menjadi pabrikan Jepang ketiga yang ikut bermain di segmen motor trail entry level (150 cc). Kawasaki yang main duluan sudah cukup sukses dengan KLX150, begitu juga dengan Honda sebagai pendatang baru mampu meraih market share yang sangat signifikan lewat CRF150L. Yamaha sebagai pabrikan Jepang terbesar kedua di Indonesia tentu nggak mau tinggal diam melihat dua kompetitornya itu merajai segmen motor trail. Konon kabarnya Yamaha sedang serius mempersiapkan pesaing KLX150 dan CRF150L yang untuk sementara waktu kita sebut saja dengan WR150R. Bahkan pengetesan internal pun sudah dilakukan kok!

Ngomong-ngomong soal mesin, kemungkinan besar dan bisa diprediksi Yamaha akan menggunakan mesin SOHC 4-valve yang sudah menggunakan pendingin cairan (radiator). Itu hampir pasti ya… Sekaligus membuat mesin WR150R paling superior ketimbang KLX150 dan CRF150L yang masih pakai mesin SOHC 2-valve berpendingin udara. Apalagi produk trail global WR125R juga pakai mesin SOHC 4-valve berpendingin cairan. Tapi soal kapasitas mesin, ini masih jadi pertanyaan besar. Ada opsi pakai mesin 149 cc seperti yang terpasang di V-Ixion (standar) atau MX-King, ada pula opsi menggunakan mesin 155 cc VVA (Variable Valve Actuator) macam mesin V-Ixion R dan New YZF-R15. Asyiknya ada indikasi mesin trail Yamaha mengarah menggunakan mesin berkapasitas 155 cc VVA yang punya power dan torsi lebih besar. Ke depan kemungkinan semua motor Yamaha dengan basis mesin Motori Minarelli bakal pakai 155 cc VVA, nggak terkecuali calon trail anyar mereka.

Namun sayangnya, WR150R nggak akan keluar dalam waktu dekat nih bro… Kenapa? Karena walaupun Yamaha sudah mempersiapkan WR150R, tapi produk yang satu ini nggak masuk ke dalam prioritas utama mereka. Dalam waktu dekat Yamaha masih akan sibuk dengan penyegaran produk lama dan produk baru mereka seperti New YZF-R25, New Xabre (MT-15), New MX-King, dan sejumlah varian motor skutik. Paling cepat WR150R baru akan nongol semester kedua 2019. Artinya ya antara Juli sampai Desember 2019. Untuk harga sih masih sulit diprediksi ya, apalagi keluarnya masih lama. Dengan mesin yang lebih advance dan superior, bukan mustahil harga WR150R berada di atas KLX150 dan CRF150L.

Advertisements