Review MX Boots O’Neal Element IV Saat Dipakai Off Road

Temen-temen sekalian… Boots menjadi salah satu safety gear yang sangat penting ketika bermain off road. Di pasaran ada banyak banget pilihan boots mulai dari yang harganya ratusan ribu sampai dengan jutaan. Tapi kalau Adventuriderz.com sarankan, kalau buat off road sebaiknya temen-temen pakai boots merek ternama meskipun itu varian produk yang paling murah (entry level), karena boots merek ternama yang entry level sekalipun teksturnya keras dan bisa melindungi kaki dengan baik. Beda banget dengan boots produk lokal yang harganya ratusan ribu, itu masih lunak dan tipis. Nah, kali ini Adventuriderz.com bakal mereview salah satu boots entry level dengan harga Rp 1 jutaan, yaitu O’Neal Element IV. Bagaimana rasanya O’Neal Element IV ketika dipakai off road?

Pada dasarnya O’Neal Element IV adalah motocross (MX) boots, bukan enduro/off road boots. Itu bisa dilihat dari sol boots bagian bawah yang cenderung rata, halus, dan tanpa gerigi. Secara desain sebenarnya O’Neal Element IV tergolong menarik dan nggak neko-neko. Cuma belakangan O’Neal Element IV keluar dengan warna yang eye catching kalau nggak mau dibilang norak. Misal O’Neal Element IV milik Adventuriderz.com, warnanya sangat ngejreng kombinasi antara hijau dan merah. Ada pula warna lain kombinasi kuning dan merah serta putih dan biru muda. Benar-benar mencolok mata… Info yang Adventuriderz.com dengar, warna aneh-aneh ini merupakan pesanan khusus dari VMX (salah satu distributor O’Neal di Indonesia) dan diperuntukkan khusus bagi market Indonesia. Padahal menurut pandangan pribadi, warna-warna hitam polos dan putih polos jauh lebih sedap dipandang, serta buat rider lebih gampang memadu-padankan antara boots dengan jersey dan pants karena warna hitam dan putih lebih netral.

Ketika dipakai, boots O’Neal Element IV terasa nyaman. Awalnya memang kaku akibat tekstur boots yang keras, tapi lama-kelamaan jadi lebih enak dan agak lentur. Bukan berarti lembek ya, nggak sama sekali. Cuma buat gerak lebih leluasa. Saat kita berada di atas motor, sol boots bisa mengunci dengan kuat tanpa licin di atas footpegs. Mau posisi duduk atau berdiri sama aja, nyaman kok. Namun sayangnya beda cerita saat boots ini dipakai di jalur off road yang basah. Menapakkan kaki ke tanah dengan boots ini benar-benar licin. Belum lagi misalnya kita terjatuh di tanjakan yang terjal. Kita mau berdiri pun agak kerepotan karena boots terasa licin meskipun kondisi tanah di tanjakan masih kering. Kurang lebih seperti itu impresi yang Adventuriderz.com rasakan setelah 6 bulan off road dengan boots O’Neal Element IV.

Lantas apakah O’Neal Element IV worth it untuk dibeli mas? Dengan harga jual di pasaran antara Rp 1,3 juta sampai dengan Rp 1,8 juta, IMHO boots O’Neal Element IV masih menarik untuk dipinang, meskipun bukan menjadi pilihan utama. Alasannya karena ini adalah produk dari brand ternama, built quality bagus, awet, dan mampu melindungi kaki dengan baik. Adventuriderz.com pernah punya pengalaman kaki tertimpa motor saat terjungkal di turunan. Alhamdulillah walaupun kaki tertimpa motor sampai nggak bisa gerak namun nggak terasa sakit dan nggak bekas memar berkat bahan sepatu yang keras dan kuat tadi. Minusnya memang ada di faktor licin saat menapak ke tanah itu tadi, tapi rasanya masih bisa sedikit dimaklumi karena O’Neal Rider dirancang sebagai MX boots, bukan sebagai off road boots.

Buat temen-temen yang punya skill riding di atas rata-rata sehingga cukup jarang menjejakkan kaki ke tanah waktu geber motor di medan off road, O’Neal Element IV cukup layak dipertimbangkan. Kalau mau boots yang nggak licin saat menapak di tanah, pilihannya mesti ke enduro boots tulen. Sayang harga enduro boots tulen rata-rata kurang bersahabat. Oh ya, nanti Adventuriderz.com bakal mereview opsi boots lain yang mungkin bisa jadi bahan pertimbangan. Boots-nya masih entry level juga dengan merek yang sama dan rentang harga sama, cuma beda tipe, yaitu O’Neal Rider. Mana yang lebih baik? Apakah O’Neal Element IV atau O’Neal Rider? Ditunggu ulasannya ya!

Advertisements