• Home »
  • Article »
  • Kasak-Kusuk Panas dari detikOto, Yamaha WR150R Diluncurkan Akhir 2018!

Kasak-Kusuk Panas dari detikOto, Yamaha WR150R Diluncurkan Akhir 2018!

Temen-temen sekalian… Beberapa kali Adventuriderz.com mengulas mengenai Yamaha yang sedang mempersiapkan motor trail anyar 150 cc sebagai pesaing dari Kawasaki KLX150 dan Honda CRF150L. Meskipun motornya sampai sekarang belum nongol, namun kabar itu nggak bisa dianggap sebagai isapan jempol belaka. Yups, Yamaha memang sedang serius menggarap market motor trail entry level. Makanya jangan heran kalau nanti motor trail buatan Yamaha jauh lebih advance dari segi teknologi maupun performa dibandingkan dengan KLX150 dan CRF150L.

Kali ini ada kabar terbaru nih dari motor trail Yamaha. Salah satu sumber internal Yamaha yang nggak disebutkan namanya mengatakan kepada detikOto bahwa motor trail Yamaha nanti menggunakan kode WR (kemungkinan WR150R); pakai basic mesin Minarelli 149 cc LC4V (liquid cooled 4-valve) yang identik dengan milik V-Ixion; MX-King, dan Xabre 150; meskipun nggak menutup kemungkinan pula pakai mesin Minarelli 155 cc LC4V VVA (variable valve actuator) seperti yang ada pada New YZF-R15 dan V-Ixion R; dan info yang nggak kalah sadis adalah sang sumber menyebut WR150R akan diluncurkan oleh Yamaha pada akhir tahun 2018!!!

“Iya peluncuran (trail 150 cc Yamaha) rencananya akhir tahun ini. Sudah pasti pakai mesin V-Ixion, tapi rangkanya mungkin beda. Kemungkinan besar iya, (nama) depannya pakai kode WR,” ujar nara sumber tersebut.

Sekarang kita cermati, apakah bocoran itu bakal benar-benar terealisasi?? Soal mesin sepertinya memang sudah sangat pasti pabrikan dengan logo garputala akan menggunakan basic mesin Minarelli 149 cc LC4V atau Minarelli 155 cc LC4V VVA. Kenapa? Karena mesin itu sudah lama dipakai oleh Yamaha di Indonesia dan terpasang di sejumlah motor mulai dari V-Ixion, Xabre, MX-King, New YZF-R15, dan V-Ixion R. Menggunakan basic mesin motor yang sudah ada tentu lebih meringankan beban biaya riset ketimbang mengembangkan mesin yang benar-benar baru. Yamaha tinggal men-tuning mesin sana-sini biar karakternya match ketika dipasang di motor trail. Lanjut ke rangka, V-Ixion dan R15 memang pakai frame model twin spar (Delta Box), tapi trail 150 cc nanti kemungkinan besar pakai frame tubular layaknya WR125R yang sudah dijual di Eropa sejak lama. Kemudian masalah nama, Yamaha Indonesia sudah terbiasa mengusung penamaan global pada produknya, sehingga bukan mustahil trail 150 cc nanti pakai nama WR150R. Sejumlah motor trail Yamaha dengan kode WR di pasar global antara lain WR125R (dual sport), WR250R (dual sport), WR250F (enduro), dan WR450F (enduro).

Mungkin yang agak disangsikan adalah waktu launching… Adventuriderz.com mendapatkan informasi dari salah seorang blogger kondang di Indonesia yang infonya sangat terkenal valid… Sumber doi menyebut trail Yamaha baru akan keluar pada semester kedua 2019 (rentang antara Juli-Desember 2019) karena pada rentang waktu kuartal keempat 2018 sampai semester pertama 2019 Yamaha masih akan fokus ke sejumlah produk skutik baru, New YZF-R25, New Xabre 150 (MT-15), New MX-King, dan lain-lain. Jadi agak meragukan kalau WR150R bakal nongol akhir tahun 2018. Tapi misal beneran nongo, itu bonus banget. Kita syukuri saja… Apalagi akhir tahun 2018 itu tinggal menyisakan 2-3 bulan lagi. Mari kita tunggu bareng-bareng. Apakah launching akhir 2018 atau malah ke akhir 2019.

Advertisements