• Home »
  • Article »
  • KTM 450 RALLY Replica Versi 2019 Dijual Dalam Jumlah Sangat Terbatas

KTM 450 RALLY Replica Versi 2019 Dijual Dalam Jumlah Sangat Terbatas

Bro sekalian… Brand motor asal Austria, KTM, akhirnya memperkenalkan motor balap KTM 450 RALLY Replica model year 2019. Menariknya, KTM 450 RALLY Replica dijual untuk umum tapi dalam jumlah yang sangat terbatas. Ya, KTM hanya memproduksi sebanyak 75 unit KTM 450 RALLY Replica. Satu unit motor dijual dengan harga 26.000 euro atau setara dengan Rp 450 jutaan sesuai dengan kurs saat ini (Rp 17.360 per euro). Tapi kabar buruknya semua unit motor KTM 450 RALLY Replica sudah ludes terjual alias sold out!!

Nggak bisa dipungkiri, KTM 450 RALLY Replica model year 2019 dibangun dari basis yang sama dengan KTM 450 RALLY terbaru yang dipakai oleh para pembalap KTM Rally Factory Racing seperti Matthias Walkner, Toby Price, Sam Sunderland, Laia Sanz, dan Luciano Benavides. KTM 450 RALLY sendiri baru saja mendapatkan penyegaran besar-besaran dari KTM, termasuk dari sisi engine hingga sasis. Imbasnya KTM 450 RALLY terbaru memiliki power yang lebih baik plus bobot yang lebih ringan hingga 10 kg dibandingkan dengan generasi lawas. Karena KTM 450 RALLY Replica mengadopsi banyak teknologi yang sama dengan KTM 450 RALLY milik tim factory KTM, maka nggak mengherankan kalau banyak tim balap rally maupun pembalap privateer yang tertarik meminang KTM 450 RALLY Replica model year 2019. 75 unit motor yang diproduksi pun ludes dalam waktu sekejap.

Di sektor mesin, KTM 450 RALLY Replica model year 2019 masih mengandalkan mesin 450 cc SOHC berpendingin cairan seperti generasi sebelumnya. Namun mesin ini diolah oleh KTM dengan mendesain ulang kepala silinder agar durabiltias lebih baik, menggunakan sistem transmisi lebih baik, engine management system (EMS) baru, dan throtle body baru yang berujung pada peningkatan power yang signifikan dibandingkan dengan KTM 450 RALLY Replica generasi lawas.

Akan tetapi, kabarnya upgrade yang sangat signifikan dari KTM 450 RALLY Replica model year 2019 bukanlah di sektor mesin, melainkan di bagian sasis. Pada KTM 450 RALLY Replica model year 2019 telah dicangkokkan sasis yang benar-benar baru. Konon kabarnya sasis ini dites dan dikembangkan oleh para pembalap rally tim factory KTM yang membuatnya lebih lincah serta lebih stabil dalam kecepatan tinggi dan saat pengereman. Itu belum termasuk bobot motor yang diet sangat signifikan sebanyak 10 kg. Kemudian swing arm baru disematkan bersama dengan linkage yang didesain ulang dan suspensi mono shock buatan WP. Suspensi depannya sendiri menggunakan WP XCT PRO 48 mm model closed cartridge dan menggunakan teknologi Cone Valve yang membuat traksi menjadi lebih oke saat berakselerasi sekaligus meningkatkan ground clearance.

Apakah cuma itu aja??? Ternyata nggak… Pada KTM 450 RALLY Replica terbaru ini KTM memberikan bodywork yang lebih aerodinamis sehingga memberikan kenyamanan yang lebih baik kepada rider. Di motor itu juga sudah tersedia tower yang terbuat dari bahan karbon sebagai rumah bagi sistem navigasi saat membalap rally. Kemudian KTM melengkapinya dengan jok yang lebih empuk, tangki bahan bakar baru, dan knalpot Akrapovic yang berkontribusi memberikan sentralisasi massa dan distribusi beban lebih baik.

“All New KTM 450 RALLY Replica dibangun dari basis motor tim factory kami yang mulai dipakai untuk balapan pada akhir tahun lalu (2017), yang secara spesifik dikembangkan untuk memenangkan Rally Dakar. Dengan generasi terbaru ini, tujuan dan target kami adalah mengembangkan motor sesuai dengan gaya pembalap tim factory kami, yang membutuhkan kenyamanan, kelincahan lebih baik, dan juga motor yang lebih stabil. Kami meningkatkan handling motor, menurunkan bobot, serta motor itu memenuhi kondisi tantangan dan rintangan yang bisa ditemukan di Dakar sekarang ini. KTM 450 RALLY Replica nyaris identik dengan yang dipakai membalap oleh atlet kami, dan motor ini tersedia bagi konsumen untuk mendapatkan kesempatan memiliki dan mengendarai motor yang sangat premium, dikembangkan khusus untuk balap rally, menggunakan komponen yang berkualitas tinggi dan penuh dengan inovasi,” ungkap Stefan Huber,Pimpinan KTM Rally Factory Racing.

Terus apakah KTM 450 RALLY Replica masuk ke Indonesia mas? So far sebanyak 75 unit KTM 450 RALLY Replica model year 2019 yang diproduksi oleh KTM sudah sold out. Nggak tahu deh apakah KTM Indonesia menjadi salah satu distributor yang memesannya atau tidak. Tapi yang pasti buat rider atau tim yang sudah mendapatkan KTM 450 RALLY Replica model year 2019 dan mau menggunakannya di Rally Dakar 2019, KTM bakal memberikan support full… Tentu dengan biaya tambahan…

Advertisements