• Home »
  • Article »
  • Yamaha Perkenalkan WR450F Model Year 2019, Banyak Banget yang Berubah!

Yamaha Perkenalkan WR450F Model Year 2019, Banyak Banget yang Berubah!

Yeaah… Yamaha pada bulan September 2018 ini memperkenalkan motor enduro WR450F generasi terbaru model year 2019. Motor ini diklaim oleh Yamaha sebagai all new bike dengan banyak banget ubahan, mulai dari desain yang baru, power delivery yang lebih kuat, hingga handling yang jauh lebih ringan dibandingkan dengan generasi sebelumnya. Peluncuran WR450F model year 2019 ini sekaligus menandai ulang tahun yang ke-20 bagi motor enduro keluaran Yamaha. Memang apa aja sih ubahan yang diberikan kepada WR450F?

Menengok sejarah, motor enduro WR-F pertama kali diperkenalkan oleh Yamaha pada tahun 1998. Waktu itu mesin motor enduro WR-F hanya 400 cc, kemudian menggelembung menjadi 426 cc, dan mesin generasi terbaru dengan desain reverse cylinder yang ada sampai saat ini kapasitasnya adalah 450 cc. Untuk WR450F model year 2019 sendiri dikembangkan dari basis mesin dan rangka motocross YZ450F generasi terbaru model year 2019 sehingga nggak mengherankan kalau power yang dihasilkan sangat oke dan bobotnya juga termasuk ringan.

Menurut press release yang dikirimkan oleh Yamaha, para pembalap Yamalube Yamaha Official Rally Team yang berlaga di ajang balap rally dunia maupun Rally Dakar memiliki andil yang sangat besar dalam pengembangan WR450F model year 2019. Jadi bisa dibilang WR450F Rally yang digeber oleh Adrien Van Beveren, Xavier de Soultrait, dan lain-lain itu merupakan lab berjalan yang bertugas mengembangkan mesin 450 cc reverse cylinder dan frame aluminium twin spar yang nantinya dipasang pada motor motocross YZ450F, motor cross-country YZ450FX, dan motor enduro WR450F. Tentu masing-masing jenis motor punya settingan yang berbeda sesuai dengan peruntukannya.

Namun yang pasti nih bro, WR450F model year 2019 punya banyak banget keunggulan dibandingkan dengan WR450F generasi sebelumnya. Menurut informasi dari Yamaha, WR450F generasi terbaru memiliki power dan torsi yang lebih besar namun sebaran power itu linear sehingga memudahkan bagi pengguna berkat penggunaan intake exhaust yang spesifik untuk enduro, serta sistem injeksi dan engine mapping canggih yang juga spesifik buat enduro. Kemudian WR450F model year 2019 memiliki traksi yang sangat bagus, body yang lebih ramping dan lebih ringan, dan throttle control yang smooth. Imbasnya handling motor ini jadi jauh lebih baik lagi.

Fitur-Fitur Yamaha WR450F Model Year 2019:

  • Mesin 450 cc reverse cylinder yang lebih powerful namun tetap smooth untuk memudahkan handling ketika berada di jalur trail yang teknikal.
  • Dilengkapi dengan Power Tuner App yang memungkinkan pengguna melakukan tuning bahan bakar dan pengapian melalui aplikasi di ponsel pintar. Antara motor dengan ponsel pintar ini bisa saling terhubung menggunakan WiFi.
  • Tersedia switch engine mapping yang berada di handlebar untuk memilih karakteristik power delivery mesin tergantung dari track yang dilewati.
  • WR450F model year 2019 dipersenjatai dengan frame aluminium twin spar baru yang lebih ramping dan lebih ringan.
  • Yamaha tetap mengandalkan suspensi upside down (depan) dan mono shock (belakang) buatan Kayaba (KYB) pada WR450F model year 2019. Meskipun suspensi ini merupakan warisan dari motor motocross YZ450F model year 2019, tapi settingannya sudah disesuaikan untuk kebutuhan enduro.
  • Tangki bahan bakar yang terbuat dari bahan dasar plastik resin dengan kapasitas 7.9 liter lengkap dengan fuel pump berukuran kecil.
  • Bodywork lebih ramping, lebih ringan, dan bentuknya lebih tajam serta menggunakan desain headlight yang baru.
  • Telah dilengkapi dengan skid plate dan sensor kecepatan yang baru.
  • Untuk memudahkan perawatan, WR450F dibekali dengan airbox (filter udara) baru sehingga pengguna bisa mengganti busa fiter udara dengan mudah tanpa menggunakan alat sekalipun.
  • Sistem transmisi 5-percepatan ratio lebar dengan kopling baru yang lebih ringan dan lebih kuat.
  • Jok yang lebih rendah dan lebih lebar sehingga memberikan kenyamanan lebih baik.

Last… Nggak bisa dipungkiri motor-motor trail built up macam ini setiap tahun mengalami perubahan baik itu dari segi desain, update mesin, maupun fitur. Namun khusus untuk desain, kalaupun ada perubahan berubahnya nggak radikal. So far WR450F model year 2019 memiliki penampilan yang menarik, spec mesin sangat oke, dan fitur yang menggiurkan. Tapi belum tentu WR450F model year 2019 masuk dan dijual resmi di Indonesia. Kenapa? Karena distributor resmi dirt bike Yamaha di Indonesia (Dr. No Offroad Industries) sampai sejauh ini masih belum memasukkan motor enduro Yamaha WR-F sama sekali. Yang dijual oleh Dr. No Offroad Industries hanyalah motor motocross dan motor cross-country dari klan YZ series. Semoga ke depan WR-F juga dijual di Indonesia ya… Lumayan kan WR250F dan WR450F bisa jadi saingan KTM 250 EXC-F, KTM 450 EXC-F, Husky FE 250, Husky FE 450, Sherco 250 SEF-R, dan Sherco 450 SEF-R di segmen motor enduro murni.

Advertisements