Yamaha Pamerkan WR450F dan WR450F Rally di Intermot 2018

Intermot yang berlangsung di Cologne – Jerman, bisa dibilang menjadi salah satu pameran otomotif (motor) terbesar di Eropa bahkan dunia. Kalau dipikir-pikir pamor Intermot hanya kalah dari EICMA di Milan. Banyak banget pabrikan motor dunia yang ikut tampil di Intermot untuk memamerkan produk-produk terbarunya. Khusus pada Intermot 2018, Yamaha sebagai pabrikan asal Jepang juga ikut ambil bagian. Motor-motor apa saja yang dipajang oleh Yamaha di Intermot 2018??

Di Intermot 2018 Yamaha memajang banyak banget produk, mulai dari street bike, adventure bike, hingga dirt bike. Kita tentunya nggak akan mengulas mengenai street bike ya… Tapi kita bahas yang adventure bike dan dirt bike saja. Untuk adventure bike, Yamaha lagi-lagi mejeng dengan Tenere 700 World Raid yang desainnya memang radikal banget, bergaya rally, dan off road oriented. Padahal Tenere 700 World Raid yang digadang-gadang sebagai pengganti XT660Z Tenere itu pakai basic mesin yang sama dengan miliki MT-07 berupa mesin 689 cc dua silinder sejajar. Bayangin deh adventure jarak jauh plus banyak melewati medan off road pakai motor bermesin dua silinder. Pasti sensasinya beda!

Kemudian di segmen dirt bike produk yang dipamerkan oleh Yamaha nggak kalah banyak. Ada varian motor motocross dan motor cross-country YZ series baik itu yang pakai mesin 2-tak maupun 4-tak, serta ada juga klan motor enduro WR-F yang terdiri dari WR250F dan WR450F. Semua model yang dipajang Yamaha adalah generasi terbaru model year 2019. Kayaknya Yamaha sangat serius menggarap market dirt bike di Eropa. Apalagi Eropa memang menjadi salah satu market dirt bike Yamaha. Terbukti tim-tim factory Yamaha yang berlaga di ajang balap drit bike macam MXGP, EnduroGP, dan Rally itu berbasis di Eropa.

Tapi dari semua motor yang dipajang oleh Yamaha di Intermot 2018 ada dua bintang yang paling mencolok. Motor apa itu? Yang pertama adalah motor enduro WR450F milik pembalap Outsiders Yamaha Official Enduro Team Loic Larrieu. Seperti diketahui, Outsiders Yamaha Official Enduro Team merupakan tim factory Yamaha yang berlaga di kancah balap EnduroGP. Kemudian bintang lainnya adalah WR450F Rally milik Yamalube Yamaha Official Rally Team. WR450F Rally merupakan motor balap rally yang dipakai oleh Adrien Van Beveren, Xavier de Soultrait, dan Franco Caimi di FIM Cross-Country Rallies World Championship dan Rally Dakar. Keren?? Itu sih pasti. Namun sayangnya itu memang motor khusus balap milik tim factory Yamaha yang nggak diperjualbelikan kepada konsumen umum. Kalau mau beli ya WR450F standar kemudian dimodifikasi sendiri sesuai dengan kebutuhan balap enduro atau buat rally juga bisa dengan beli rally kit.

Advertisements