• Home »
  • Article »
  • Viar Cross X 250 SF Hadir Dalam Dua Versi: Single Muffler & Double Muffler

Viar Cross X 250 SF Hadir Dalam Dua Versi: Single Muffler & Double Muffler

Sobat sekalian… Di Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2018 yang lalu Viar Motor Indonesia ikut ambil bagian dengan memajang sejumlah produk baru. Di segmen motor trail, Viar pamer Cross X 250 SF yang merupakan trail kasta tertinggi dari pabrikan asal Semarang. Secara basis mesin Cross X 250 SF cukup identik dengan Cross X 250 ES dan Cross X 250 EC, menggunakan basis mesin NC250. Tapi frame dan kaki-kaki motor ini sangat berbeda sehingga membuatnya lebih spesial ketimbang Cross X 250 ES dan Cross X 250 EC.

Kode “SF” di belakang nama Cross X 250 mengandung makna “Special Frame”. Kenapa spesial? Karena frame hingga swing arm Cross X 250 SF semuanya terbuat dari bahan aluminium yang membuat bobot motor mengalami diet yang sangat signifikan. Kalau Cross X 250 ES dan Cross X 250 EC bobotnya sekitar 120 kg, maka Cross X 250 SF lebih ringan 10 kg. Lumayan enteng kan untuk ukuran motor trail rakitan lokal?? Belum lagi suspensi depan dan belakang Cross X 250 SF pakai merek Fastace, sertas sejumlah printilan lain dari Mojo Racing.

Belakangan Adventuriderz.com baru tahu kalau Cross X 250 SF itu tersedia dalam dua versi. Pertama adalah versi single muffler, sedangkan versi yang kedua menggunakan double muffler. Soalnya waktu di GIIAS 2018 yang dipajang cuma versi double muffler. Sayangnya Adventuriderz.com belum dapat info yang cukup valid mengenai apa saja perbedaan antara versi single muffler dan double muffler. Tapi sejumlah info yang masuk menyebut versi single muffler bobotnya lebih enteng dibandingkan dengan double muffler. Itu sih pasti ya… Kemudian versi single muffler harganya lebih murah. Dan konon kabarnya versi double muffler meskipun bobot motornya lebih berat namun punya power yang lebih besar (34 HP).

Menurut informasi dari Marketing Communications Viar Motor Indonesia Mas Frengky Osmond yang Adventuriderz.com temui di GIIAS 2018 beberapa bulan lalu menyebut Cross X 250 SF diproduksi dalam jumlah yang sangat terbatas. Hanya 100 unit!! Nggak tahu deh pernyataan ini masih berlaku atau nggak. Mestinya kalau permintaan banyak Viar nggak akan berhenti memproduksi hanya di angka 100 unit kan? Untuk harga, Cross X 250 SF di Jakarta dibandrol Rp 56,6 juta off the road, itu yang versi double muffler. Mestinya yang single muffler bisa lebih murah. Oh ya, umumnya dealer nggak ready stock Cross X 250 SF. Jadi mesti indent dulu…

Advertisements