GPX Moto FSE250R & FSE450R Juga Bakal Masuk Indonesia

Brand motor offroad GPX Moto sudah mulai eksis di Indonesia sejak pertengahan tahun 2018 ini. GPX Moto dibawa ke Indonesia oleh Dr. No Offroad Industries sebagai distributor resmi. Untuk tahap awal memang baru ada dua produk GPX Moto yang dijual di Indonesia, yaitu TSE250R yang mengusung mesin 250 cc 2-stroke dan FSE250E dengan mengandalkan mesin 250 cc 4-stroke, 2-valve, dan berpendingin udara. Masing-masing motor itu dibandrol dengan harga Rp 72 juta dan Rp 55 juta off the road. Meskipun demikian, Dr. No Offroad Industries pastinya nggak akan puas hanya dengan mendatangkan dua produk GPX Moto. Dalam rencana Dr. No Offroad Industries rupanya sudah ada niat untuk mendatangkan dua produk GPX Moto lainnya. Produk apakah itu? Berapa pula harganya?

So far saat ini TSE250R tergolong sebagai produk GPX Moto yang menjadi idola di Tanah Air. Pasalnya dengan bandrol harga Rp 72 juta off the road para penggemar offroad sudah bisa mendapatkan motor 250 cc 2-stroke dengan tenaga yang lumayan besar (diklaim 43 HP) plus bobot yang cukup enteng. Itu belum termasuk frame dari bahan chromoly (mirip milik Husqvarna), suspensi mirip dengan merek WP seperti yang terpasang di motor offroad Eropa (KTM, Husqvarna, Sherco), dan sistem pengereman yang mirip punya Brembo. Di sisi lain FSE250E dengan frame dan suspensi yang sama namun mesin beda (mesin FSE250E mirip dengan Honda Tiger/CRF230F) belum mampu membukukan penjualan sebaik TSE250R.

Nah… Menurut rencana, di masa depan Dr. No Offroad Industries juga akan membanjiri market motor offroad dengan menghadirkan dua produk baru. Yang pertama adalah FSE250R, sebuah motor enduro yang lagi-lagi menggunakan basis frame dan suspensi yang sama dengan TSE250R/FSE250E namun menggunakan mesin 250 cc twin cam (DOHC) dan berpendingin cairan alias radiator. Asyiknya, FSE250R ini sudah pakai sistem pembakaran injeksi buatan Delphi, bukan lagi pakai sistem pembakaran karburator macam TSE250R/FSE250E. Keunggulan lainnya FSE250R dilengkapi dengan sistem transmisi 6-percepatan wide ratio yang secara optional bisa dipasangi sistem kopling otomatis dari Rekluse. Jadi ya kayak motor offroad KTM/Husky lah… Nggak lupa FSE250R ini sudah dibekali dengan double starter (electric starter plus kick starter). Gimana dengan bobotnya mas? Ternyata nggak berat-berat amat bro… Bobot FSE250R cuma 112 kg… Kabarnya FSE250R akan dibandrol oleh Dr. No Offroad Industries dengan harga Rp 65-67 juta off the road.

Produk berikutnya yang dipertimbangkan masuk ke Indonesia adalah FSE450R. Bisa dibilang ini merupakan produk kasta tertinggi yang dimiliki oleh GPX Moto. Buat temen-temen yang demen dengan speed offroad maupun power motor yang brutal (lebih brutal daripada 250 cc), paling nggak FSE450R ini cukup layak dipertimbangkan. Soal fitur sebenarnya FSE450R nggak jauh beda dengan FSE250R. Sama-sama punya double starter, frame dan suspensi mirip, transmisi 6-percepatan wide ratio yang bisa dipasangi kopling otomatis dari Rekluse, dan pastinya pakai pendingin radiator. Bedanya yang 450 cc pasti punya power yang jauh lebih galak daripada 250 cc, plus bobot yang sedikit lebih berat (115 kg). Konon kabarnya Dr. No Offroad Industries berencana memasukkan FSE450R dalam dua versi. Pertama adalah versi enduro dengan desain yang identik dengan FSE250R, sedangkan yang kedua adalah versi rally. Untuk versi rally gambarannya ala-ala motor yang berlaga di Rally Dakar lah. FSE450R kemungkinan dibandrol dengan kisaran harga Rp 80 jutaan.

Kalau beneran FSE250R dan FSE450R jadi diboyong ke Indonesia, tentu lineup produk GPX Moto di sini semakin lengkap sehingga memudahkan konsumen memilih produk sesuai dengan kebutuhan dan budget. Apalagi kalau melihat rentang harganya, produk GPX Moto memang nggak setinggi motor offroad brand Jepang atau Eropa. Kabar baiknya lagi, kemungkinan semua produk 4-tak GPX Motor bisa dibeli full paper (on the road). Artinya motor berpeluang dibeli secara kredit dan bisa dipakai di aspal untuk mengakomodir para penggemar dual sport dan supermoto serta adventure rally.

Advertisements