Mungkinkah Kawasaki Luncurkan All New KLX150 di IMoS 2018??

Dalam waktu yang tidak terlalu lama, mulai 31 Oktober 2018, bakal ada pameran motor terbesar di Tanah Air, yaitu Indonesia Motorcycle Show (IMoS) 2018. Bisa dipastikan sejumlah pabrikan motor yang berkecimpung di Indonesia akan ambil bagian, memajang produk-produk andalan, dan bukan mustahil memperkenalkan berbagai macam produk baru. Mereka diprediksi akan perang cukup sengit lah di IMoS 2018… Maklum IMoS merupakan pameran khusus motor. Tidak seperti Indonesia International Motor Show (IIMS) atau Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) yang lebih condong sebagai pameran mobil meskipun banyak pabrikan motor juga ikut ambil bagian.

Untuk IMoS 2018, konon kabarnya Kawasaki Motor Indonesia (KMI) mempersiapkan antara dua hingga tiga produk baru (kemungkinan dua). Dari sejumlah info yang beredar, salah satu produk baru yang bakal diperkenalkan oleh KMI di Indonesia sudah cukup jelas bergenre big bike. Kita nggak perlu bahas lebih lanjut deh yang satu ini. Yang menarik perhatian justru sisanya dengan kisi-kisi: kapasitas mesin 250 cc ke bawah, produk lokal (diproduksi di Indonesia), merupakan penyegaran dari produk yang sudah ada, dan Kawasaki adalah pioneer di segmen produk tersebut. Mungkinkah produk baru ini All New KLX150 series??

Kawasaki KLX150 BF SE Red/TMCblog.com

Berdasarkan kisi-kisi di atas, motor 250 cc ke bawah yang diproduksi di Indonesia di mana Kawasaki menjadi pioneer di segmennya antara lain Ninja 250, W175, dan KLX150. Terus mana yang mendapatkan update? Ninja 250 bisa kita coret karena baru saja mendapatkan penyegaran belum lama ini. Kemudian motor retro W175 yang baru seumur singkong juga rasanya mustahil diperbarui. Yang paling memungkinkan sekarang adalah KLX150. Apalagi KLX150 sudah bertahun-tahun tidak disentuh KMI. Tapi sayangnya update KLX150 ini juga belum ada kepastian. Kenapa? Karena motor retro W250 (dulu namanya Estrella 250) juga berpeluang diperbarui. Lho itu kan motor CBU Jepang mas… Bukan motor produksi lokal… Yups betul… Melihat tren permintaan motor retro murah (W175) yang terus meningkat, ada selentingan kabar yang menyebut KMI tertarik melokalkan produksi W250 biar harganya jauh lebih terjangkau lagi. So peluang mana yang diluncurkan di IMoS 2018 antara All New KLX150 atau W250 lokal masih 50:50.

Tapi IMHO sebagai penggemar motor trail Adventuriderz.com berharap KLX150 segera diupdate. Bisa dibilang KLX150 series sudah lama banget nggak mendapatkan sentuhan update dari KMI. Terakhir kali KLX150 mendapatkan update penampilan pada pertengahan 2015, sedangkan mesinnya masih tetap menggunakan mesin uzur 144 cc SOHC, 4-tak, 2-valve, dan berpendingin udara lengkap dengan sistem pembakaran karburator tipe vakum. Menjelang akhir tahun 2017 muncul Honda CRF150L yang terbukti mampu menumbangkan penjualan KLX150 dalam waktu sekejap. Lebih miris lagi selama ini KLX150 merupakan tulang punggung utama penjualan KMI. Kalau nggak segera diperbarui dikhawatirkan penjualan KMI semakin ambles tergusur oleh Honda!

Advertisements