• Home »
  • Article »
  • Wah… AHM Pajang Motocross CRF450R di IMoS 2018, Pertanda Apa ini?

Wah… AHM Pajang Motocross CRF450R di IMoS 2018, Pertanda Apa ini?

Yeah… Salah satu pameran motor terbesar di Indonesia, Indonesia Motorcycle Show (IMoS) 2018, telah dimulai sejak kemarin, 31 Oktober 2018. Sejumlah pabrikan motor ikut ambil bagian di pameran ini, tidak terkecuali Astra Honda Motor (AHM) yang notabene menjadi pabrikan motor terbesar di Indonesia dengan market share lebih dari 70%. Sebagai market leader, bisa dibilang AHM sangat all out di IMoS 2018. Itu bisa dilihat dari total motor yang dipajang tembus 37 unit. Mulai dari segmen yang paling rendah sampai dengan segmen yang paling tinggi; mulai dari tipe skutik, sport, adventure, sampai big bike semua ada di sana!

Seperti di pameran-pameran otomotif lainnya, dalam memajang produk AHM membaginya ke dalam beberapa cluster atau zona. Pada IMoS 2018 ini AHM memiliki enam zona, antara lain Cruiser, Adventure, Supersport, Advance, Lifestyle, dan Commuter. Kita nggak akan membahas motor di semua zona karena terlalu banyak dan nanti agak melenceng dari tema blog ini. Kita cukup fokus pada zona Adventure saja ya. Ada motor-motor apa saja di sana? Dan produk apa yang paling menarik??

Di zona Adventure AHM memang nggak memajang banyak motor. Maklum produk yang dimiliki oleh AHM di segmen adventure nggak terlalu banyak. Di sana ada CRF150L, CRF250RALLY, CRF1000L Africa Twin, dan CB500X yang sudah sering mengisi panggung Honda di sejumlah pameran. Apalagi keempat produk itu juga sudah dijual resmi oleh AHM di Tanah Air. Selain itu, AHM memajang skuter petualang X-ADV yang sebelumnya juga sempat dipamerkan di GIIAS 2018. Sepertinya AHM terus memantau seberapa besar animo pengunjung pameran terhadap X-ADV sebelum memutuskan memboyong skuter tersebut ke Indonesia.¬†Namun dari semua produk yang menurut Adventuriderz.com paling menarik untuk diperhatikan adalah CRF450R. Ya, temen-temen nggak salah… AHM secara mengejutkan memajang motor motocross CRF450R di IMoS 2018. Motor ini nongkrong persis bersebelahan dengan CRF250RALLY. Kira-kira AHM punya agenda apa ya dengan motor ini? Apakah mungkin CRF450R akan dijual di Tanah Air oleh AHM?

IMHO nggak mungkin pabrikan motor memajang sebuah produk tanpa agenda tertentu. Agenda yang bisa diterka mengenai munculnya CRF450R di IMoS 2018 berkisar antara dua hingga tiga kemungkinan. Pertama, AHM memang punya rencana menjual dirt bike tulen baik itu tipe motocross dan enduro macam CRF250R, CRF250RX, CRF450R, CRF450RX, dan CRF450X di Indonesia. Peminat motor tipe motocross dan enduro di Tanah Air nggak besar, tapi terus ada dan konsisten. Honda belum bermain sama sekali di segmen ini. Penggemar motocross dan enduro yang ingin menggunakan produk Honda harus membelinya via importir umum (IU). Kemungkinan kedua, AHM memanfaatkan CRF450R untuk mendongkrak brand image motor trail yang sudah ada, dalam hal ini adalah CRF150L. Sedangkan peluang yang ketiga, AHM ingin membangun brand image untuk motor trail baru. Bukan mustahil kan di masa depan ada CRF150 yang berorientasi dirt bike murni, bukan motor dual sport (on-off sport) seperti CRF150L yang ada sekarang. Itung-itung bikin saingan Kawasaki KLX140G. Peluang mana yang paling memungkinkan? Hanya AHM yang tahu!! Soalnya tanya sana-sini ke pihak AHM juga percuma. Paling cuma dikasih senyuman atau jawaban yang super diplomatis.

Advertisements