Selain GL Series, Mesin Scorpio Juga Jadi Idola Buat Trail Odong-Odong

Buat para penggemar trail rakitan alias trail odong-odong, kebanyakan akan menggunakan basic mesin Honda GL series, ntah itu mesin Tiger, MegaPro, atau Verza sebagai dapur pacu motor mereka. Mesin GL series yang sangat sederhana, mudah dioprek, minim perawatan, suku cadang gampang dan murah menjadi sejumlah pertimbangan kenapa mesin ini bisa jadi idola. Tapi selain mesin GL series rupanya ada mesin lain yang juga menjadi idola. Kalau di-ranking mungkin mesin ini berada di urutan kedua setelah GL series bagi kalangan penggemar trail odong-odong. Mesin apa itu?

Nggak salah lagi bro… Selain mesin GL series, mesin Yamaha Scorpio 225 sangat mudah terlihat di deretan motor odong-odong. Sama seperti mesin GL series, mesin Scorpio 225 tergolong sederhana, mudah dioprek, dan minim perawatan. Pasalnya mesin 4-tak ini masih mengusung teknologi single cam (SOHC) lengkap dengan dua klep dan berpendingin udara. Meskipun nggak sedikit juga keluhan suku cadangnya yang mulai susah ditemukan dan harganya lumayan mahal, tapi hal itu nggak mengurangi minat penggemar trail odong-odong menggunakan mesin Scorpio 225. Faktor utamanya adalah karena mesin yang satu ini punya tenaga yang lumayan nampol!!! Jadi jangan heran kalau di sejumlah event adventure banyak motor trail berpenampilan jadul dengan mesin Scorpio 225 bisa melesat kencang saat melibas hill climb.

Pada dasarnya basic mesin Scorpio 225 ini banyak ditemukan di sejumlah motor trail bikinan Yamaha. Di segmen motor trail dual sport, Yamaha punya XT 250, XTZ 250, XTZ 250 Tenere, dan Serrow 250 dengan basic mesin yang mirip atau identik dengan milik Scorpio. Hanya saja kapasitas mesin sedikit dinaikkan dari 225 cc menjadi 250 cc. Kemudian di segmen motor trail offroad ada TT-R230 yang menjadi andalan Yamaha. Itu juga pakai basic mesin yang sama dengan Scorpio 225. Jadi sebenarnya penggunaan basic mesin Scorpio di motor trail bukan hal yang aneh.

So,buat temen-temen yang pengen membangun motor trail odong-odong, bisa mempertimbangkan mesin Scorpio 225 selain opsi mesin GL series. Mungkin effort dan biayanya bakal lebih mahal. Tapi performanya nggak akan bohong. Temen-temen offroad Adventuriderz.com di sini lumayan banyak yang pakai mesin Scorpio 225. Dan ketika dites melibas tanjakan ekstrem, tenaganya memang luar biasa dahsyat, meskipun yang namanya motor trail odong-odong kebanyakan handling-nya nggak sebaik motor trail pabrikan.

Advertisements