• Home »
  • Article »
  • Tiga Rider Ini Paling Berpeluang Juara World Enduro Super Series 2018

Tiga Rider Ini Paling Berpeluang Juara World Enduro Super Series 2018

Tahun 2018 ini ada kompetisi yang cukup unik. Namanya adalah World Enduro Super Series (WESS). Kenapa unik? Karena WESS merupakan serial balap yang menyatukan antara kompetisi hard enduro, classic enduro, cross-country, dan beach race dalam satu wadah kompetisi. Jadi para pembalap dari berbagai macam disiplin enduro bertarung dalam satu kompetisi yang sama sehingga di akhir musim akan keluar nama pembalap yang menjadi jawara enduro sejati!

Secara total WESS 2018 memiliki delapan seri, antara lain Extreme XL Lagares (Portugal), Erzbergrodeo (Austria), Trefle Lozerien AMV (Perancis), Red Bull Romaniacs (Romania), Red Bull 111 Megawatt (Polandia), Hawkstone Park Cross-Country (Inggris), Gotland Grand National (Swedia), dan Red Bull Knock Out (Belanda). Sejauh ini WESS 2018 telah melalui tujuh seri dan masih ada sisa satu seri tersisa untuk menentukan siapa rider yang mampu merengkuh gelar juara di kompetisi ini. Terus siapa rider yang paling berpeluang juara WESS 2018?

Di awal musim sejumlah nama top yang biasa malang-melintang dan menguasai kancah balap hard enduro dijagokan bisa memenangkan WESS 2018. Namun faktanya banyak rider top hard enduro yang lesu hingga seri ketujuh. Biasanya rider hard enduro sangat berjaya ketika bermain di seri hard enduro, tapi mereka sangat melempem ketika bertarung di seri classic enduro, cross-country, ataupun beach race. Dalam menghadapi WESS memang butuh konsistensi yang sangat tinggi di semua race. Rider yang paling konsisten lah yang berpeluang besar mendapatkan gelar juara di akhir musim.

Manuel Lettenbichler (KTM) – Billy Bolt (Rockstar Energy Husqvarna Factory Racing)

Hingga seri ketujuh posisi klasemen sementara WESS 2018 masih dikuasai oleh Billy Bolt yang bernaung di tim Rockstar Energy Husqvarna Factory Racing dengan pengumpulan 4420 poin. Rider muda Husqvarna ini nggak cuma tangguh di seri hard enduro, tapi juga mampu bertarung dengan baik di seri classic enduro dan cross-country. Kemudian di posisi kedua ditempati oleh Manuel Lettenbichler (KTM). Rider yang juga spesialis dalam kompetisi hard enduro ini terus tampil konsisten di setiap seri. Manni secara total mengumpulkan 4145 poin alias tertinggal 275 poin dari Billy. Posisi ketiga klasemen sementara justru ditempati oleh Josep Garcia (Red Bull KTM Factory Racing). Josep yang lebih condong sebagai rider classic enduro awalnya kurang diperhitungkan. Apalagi doi juga sering kepayahan ketika bertarung di serial hard enduro. Namun Josep bisa mendapatkan poin yang sangat baik di serial classic enduro dan cross-country. Bahkan sempat menjadi juara di Hawkstone Park Cross-Country (Inggris), sehingga menempatkannya sebagai rider Red Bull KTM Factory Racing yang paling berpeluang menjuarai WESS 2018 dengan ketertinggalan 720 poin dari Billy Bolt.

Nah… WESS 2018 tinggal menyisakan satu seri lagi untuk diperlombakan, yaitu Red Bull Knock Out yang notabene bergenre beach race. Soal hitung-hitungan, Billy Bolt memang masih menjadi unggulan terdepan dalam hal juara WESS 2018. Meskipun demikian Billy Bolt sangat mungkin mendapatkan teror dari Manuel Lettenbichler dan Josep Garcia. Taddy Blazusiak (Red Bull KTM Factory Racing) dan Wade Young (Sherco Factory Racing) juga masih berpeluang mengambil gelar juara WESS 2018, walaupun peluang itu tergolong amat sangat kecil.

Josep Garcia (Red Bull KTM Factory Racing)

Advertisements