• Home »
  • Article »
  • Uhuuy… Trail Lokal Yamaha Indonesia Positif Pakai Mesin 155 cc VVA??

Uhuuy… Trail Lokal Yamaha Indonesia Positif Pakai Mesin 155 cc VVA??

Walaupun terkesan lambat dan nggak ada update yang cukup berarti, tapi percayalah bro kalau Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) terus mengembangkan project motor trail lokal yang tentu saja masuk ke dalam kelas entry level. Project yang satu ini jalan terus sehingga ke depan akan menjadi pesaing kuat bagi Kawasaki KLX150 dan Honda CRF150L. Kabar terbaru menyebutkan bahwa motor trail lokal dari Yamaha Indonesia kemungkinan besar, hmmm malah hampir bisa dipastikan bakal memiliki performa yang paling nampol dibandingkan dengan dua kompetitornya. Apa penyebabnya??

Ada info menyebutkan bahwa hampir pasti Yamaha Indonesia membekali mesin 155 cc VVA (variable valve actuator) pada motor trail bikinannya ini. Mesin yang sama sudah terpasang di generasi terbaru YZF-R15 dan V-Ixion R. Mau tahu berapa besar powernya? Tembus 19 HP!! Itu sesuai yang terpasang di New YZF-R15 dan V-Ixion R ya! Memang belum diketahui secara pasti berapa besaran power mesin Minarelli itu ketika dipasang di motor trail. Tapi kemungkinan nggak akan jauh berbeda. Kalaupun lebih rendah, selisihnya nggak akan banyak dan bisa dipastikan tenaga motor trail Yamaha jauh di atas KLX150 dan CRF150L!!

Misal info tersebut benar, berarti langkah Yamaha melawan Kawasaki dan Honda di segmen motor trail entry level tergolong nggak main-main, berani, sadis, dan seporadis… KLX150 dan CRF150L yang menggunakan mesin 144-149 cc, single cam (SOHC), dua klep, dan berpendingin angin sepoi-sepoi dilawan dengan mesin 155 cc, SOHC, empat klep, berpendingin radiator lengkap dengan fitur VVA. Asli cadasss!! Tinggal bagaimana Yamaha mengeset harga. Mau dilihat dari sisi manapun pastinya mesin 155 cc SOHC, 4-valve, water-cooled, dan VVA lebih mahal ongkos produksinya daripada 144-149 cc SOHC, 2-valve, air-cooled… Tapi Yamaha sebisa mungkin harus menempel harga KLX150 dan CRF150L. Sebagai patokan, dalam kondisi sekarang KLX150 BF bandrol harganya mulai dari 33-35 jutaan, sedangkan CRF150L harganya Rp 32 jutaan. Harga trail lokal Yamaha masih boleh lah lebih mahal dari keduanya, namun nggak boleh tembus angka psikologis Rp 40 juta. Angka Rp 35-37 juta masih rasional rasanya ya guys??

Terus kapan trail lokal Yamaha dirilis mas? Masih belum tahu. Tapi yang pasti bukan tahun ini. Bisa jadi baru akan nongol tahun 2019. Itupun setelah sejumlah motor baru yang menjadi prioritas nongol duluan ya. Sebut saja sejumlah skutik baru, New MX-King, MT-15, dan mungkin masih ada yang lain. FYI trail bukan menjadi prioritas utama bagi Yamaha Indonesia untuk dikeluarkan lebih dahulu. Yang jelas mereka sudah prepare produknya, sehingga bisa dikeluarkan sewaktu-waktu. Jadi yang sabar ya nunggu trail lokal Yamaha… Kalau nggak sabar ya jajan KLX150 atau CRF150L dulu deh…

Advertisements