• Home »
  • Article »
  • EC Ranger, Motor Off-Road Murah dari Gas Gas Ikut Mejeng di EICMA 2018

EC Ranger, Motor Off-Road Murah dari Gas Gas Ikut Mejeng di EICMA 2018

Meskipun bukan pabrikan motor yang bergelimang modal yang melimpah, namun ternyata Gas Gas ikut menjadi salah satu peserta EICMA 2018 di Milan yang merupakan pameran motor terbesar di dunia. Tentu Gas Gas nggak mau kalah dengan pabrikan motor-motor lainnya. Apalagi EICMA bisa dibilang menjadi pesta bagi pabrikan motor asal Eropa maupun belahan dunia lain. Di EICMA 2018, Gas Gas memajang sejumlah motor baru dan motor yang selama ini menjadi money maker bagi pabrikan asal Spanyol. Lantas seperti apa penampilan booth Gas Gas di EICMA 2018? Dan apa produk baru yang ada di sana??

Booth Gas Gas di EICMA 2018 memang tidak mewah dan tidak besar. Beda kelas lah dengan booth KTM, Honda, Yamaha, Kawasaki, BMW Motorrad, dan lain-lain. Maklum dari segi valuasi perusahaan maupun penjualan motor, Gas Gas nggak ada apa-apanya dibandingkan dengan brand-brand yang sudah disebut tadi. Tapi paling nggak booth Gas Gas menyajikan sejumlah produk yang cukup komplit, mulai dari motor enduro (off-road), trial, kids bike, hingga motor dengan mesin elektrik. Untuk produk baru di segmen off-road, Gas Gas punya EnduroGP 250 dan EnduroGP 300 generasi terbaru model year 2019. Tapi selain itu Gas Gas juga pamer motor off-road baru yang konon harganya bakal murah-meriah. Dia adalah EC 200 Ranger dan EC 300 Ranger!!

Sebenarnya EICMA 2018 bukanlah tempat penampakan perdana EC 200/300 Ranger. Motor baru ini sebelumnya sudah pernah nongol di sejumlah pameran otomotif di Eropa sana. Pada dasarnya EC 200/300 Ranger mengusung desain yang identik dengan EC 250/300 Racing dan EnduroGP 250/300. Basic mesin dan rangka konon kabarnya juga sama. Hanya saja mesin 2-tak milik EC 200/300 Ranger yang dilabur dengan warna dominan putih itu sudah dioprek. Bukan biar lebih galak, tapi dibikin lebih kalem. Jadi bisa dipastikan tenaga dan torsi EC 200/300 Ranger nggak akan segede EC 250/300 Racing dan EnduroGP 250/300. Artinya, EC Ranger bakal lebih cocok buat para rider pemula, amatir, dan penghobi off-road yang nggak berorientasi dengan balap. Cuma buat fun off-road di akhir pekan sudah cukup dengan EC Ranger ini.

Terus apa lagi yang beda antara EC Ranger dengan EC Racing? Banyak komponen di antara dua varian itu yang berbeda. EC Racing banyak memakai komponen dari brand ternama dan sangat mengutamakan performance, sedangkan EC Ranger menggunakan komponen yang disuplai oleh brand yang kelasnya lebih rendah untuk bisa kompromi antara performa dan harga. Suspensi EC Ranger meskipun sama-sama disuplai oleh Kayaba tentu spec-nya beda dengan milik EC Racing dan EnduroGP. Lalu seat height EC Ranger pun lebih rendah daripada EC Racing dan EnduroGP. Buat kebanyakan rider Indonesia bisa dipastikan EC Ranger jauh lebih bersahabat!

IMHO EC Ranger akan menempati segmen yang sama dengan Beta Xtrainer 250/300 dan KTM Freeride 250 F, sebuah motor yang lebih cocok dipegang oleh para pemula dan para rider amatir. Tenaga dan torsi yang lebih jinak, tidak meledak-ledak, dan tidak mengintimidasi serta seat height yang bersahabat membuat EC Ranger sangat layak ditunggu di Tanah Air. Apalagi kabarnya EC Ranger bakal dibandrol dengan harga yang sangat atraktif. Angka Rp 90 jutaan untuk ukuran motor off-road Eropa kemungkinan sih bakal banyak dilirik oleh para penghobi off-road. Betul nggak bro?

Oh ya, di booth Gas Gas di EICMA 2018 selain ada deretan motor off-road EC 250/300 Racing, EnduroGP 250/300, dan EC 200/300 Ranger, juga ada deretan motor trial TrialGP, TXT Racing, TXT GP, Contact, dan lain-lain. Sederet motor enduro, trial, dan motor elektrik buat anak-anak juga ada. Pokoknya komplit!! Brand yang satu ini sepertinya sedang berjuang habis-habisan agar brand image-nya kembali menanjak setelah sempat gulung tikar beberapa tahun yang lalu. Sayangnya buat market Indonesia baru ada dua varian motor Gas Gas, yaitu EnduroGP 300 dan Contact 250. Tapi kemungkinan lineup Gas Gas di Indonesia akan ketambahan EC 200/300 Ranger pada tahun 2019.

Advertisements