• Home »
  • Article »
  • KTM 690 Enduro R Generasi Terbaru Diperkenalkan, Mesin Semakin Ganas!

KTM 690 Enduro R Generasi Terbaru Diperkenalkan, Mesin Semakin Ganas!

Kabar bagus banget buat para penggemar motor petualang. Pasalnya KTM baru-baru ini secara resmi memperkenalkan motor dual sport KTM 690 Enduro R generasi terbaru. Seperti diketahui, KTM 690 Enduro R generasi sebelumnya telah disuntik mati di Eropa pada tahun 2017. Alasannya karena mesin KTM 690 Enduro R lawas tidak comply dengan standar regulasi emisi Euro 4. Selain itu, KTM 690 Enduro R disuntik mati pada tahun 2017 untuk menghindari persaingan dengan saudaranya, yaitu Husqvarna 701 Enduro. Namun sepertinya KTM mengubah rencananya dengan merilis kembali KTM 690 Enduro R dengan sejumlah perbaikan.

Nah… KTM 690 Enduro R generasi terbaru yang diperkenalkan di EICMA 2018 tetap menggunakan mesin LC4 satu silinder seperti generasi sebelumnya. Namun mesin ini telah mendapatkan sejumlah update sehingga mampu memuntahkan tenaga sebesar 75 HP. Bisa dibilang ini menjadi salah satu mesin satu silinder dengan tenaga paling besar yang pernah diproduksi oleh pabrikan motor. Kemudian biar motor lolos homologasi Euro 4, KTM 690 Enduro R dibekali dengan knalpot berukuran jumbo yang menjulang di sebelah kiri. Bisa ditebak isi di dalam silencer yang besar itu adalah catalytic converter biar gas buang dan emisi suara mesin lebih ramah lingkungan sesuai standar Euro 4.

Perubahan besar KTM 690 Enduro R tentu saja nggak cuma ada di sektor mesin. Cukup banyak bagian yang berubah. Sebut saja desain bodywork mengalami ubahan yang sangat signifikan. Bodywork KTM 690 Enduro R sekarang terlihat ramping ke bawah dan bodywork pun yang dulu terdiri dari dua potong saat ini berkurang menjadi satu potongan yang besar. Ini membuat bagian depan motor terlihat lebih ramping sehingga rider menjadi lebih dekat dengan sektor depan untuk memudahkan kontrol. Terus jok juga mengalami perubahan yang memberikan kenyamanan lebih tinggi, bentuk tangki berubah meskipun kapasitasnya tetap 12 liter, dan bentuk headlight sekarang sangat identik dengan milik motor enduro KTM EXC series. Frame dan sub-frame pun ikut mendapatkan update. Tapi dari semua ubahan itu, ada ubahan yang cukup mengejutkan. KTM membekali KTM 690 Enduro R generasi terbaru dengan suspensi depan WP Xplor 48 mm, persis seperti yang terpasang di motor enduro KTM 500 EXC-F!! Itu berarti KTM 690 Enduro R terbaru bisa menjadi monster yang buas di medan off-road…

Oh ya… Selain memperkenalkan KTM 690 Enduro R generasi terbaru, KTM juga memperlihatkan vesi supermoto KTM 690 SMC R terbaru. Versi supermoto memiliki desain dan spec mesin yang sama dengan versi dual sport. Beda yang sangat signifikan jelas terlihat di bagian ban, di mana versi supermoto pakai ban ring 17-17 inch ala street bike sedangkan versi dual sport pakai ban 18-21 inch yang lebih berorientasi off-road. Lalu suspensi KTM 690 SMC R terbaru tidak menggunakan WP Xplor 48 mm, melainkan masih sama dengan suspensi KTM 690 SMC R lawas. Baik KTM 690 SMC R maupun KTM 690 Enduro R memiliki sejumlah fitur elektronik seperti dua level riding mode, cornering ABS, traction control, dan quick shifter. Kabarnya KTM 690 Enduro R dan KTM 690 SMC R model year 2020 ini baru akan dijual ke pasaran sekitar pertengahan tahun 2019.

Dengan diperkenalkannya KTM 690 Enduro R terbaru, mengindikasikan bahwa KTM tetap berkomitmen mengembangkan mesin LC4 satu silinder miliknya yang sudah cukup legendaris. Mesin ini memang dikenal tangguh, bertenaga, dan bisa diaplikasikan di berbagai tipe motor. Nggak percaya? Banyak banget lho motor buatan KTM Group yang menggunakan mesin LC4. Sebut saja KTM 690 Enduro R, KTM 690 SMC R, KTM 690 Duke, Husqvarna 701 Enduro, Husqvarna 701 Supermoto, Husqvarna 701 Vitpilen, dan Husqvarna 701 Svartpilen.

Advertisements